Cara Download Jurnal Di DOAJ

Bagi kamu yang ingin mencari cara download jurnal di doaj, maka kamu bisa simak artikel ini sampai habis. Karena pada pembahasan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Sebelum masuk ke pembahasan inti yaitu cara download jurnal di doaj, lebih baiknya kamu harus mengtahui apa itu DOAJ, terlebih dahulu!

Apa Itu DOAJ?

Cara Download Jurnal Di DOAJ

DOAJ adalah direktori online yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal berkualitas tinggi dengan akses terbuka dan peer-review.

Selain itu, Directory of Open Access Journals berfungsi sebagai platform yang digunakan untuk menyimpan database jurnal yang gratis dan terbuka (alias gratis) dari seluruh dunia. DOAJ melaksanakan tanggung jawabnya untuk mempercepat pengindeksan dengan mencetak berbagai jurnal dalam database.

Cara Download Jurnal Di DOAJ Dengan Mudah

Nah berikut dibawah ini kami berikan Cara Download Jurnal Di DOAJ Dengan Mudah, :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu kunjungi halamanDOAJ di https://doaj.org/.
  • Setelah itu kamu pilih metode pencarian Selanjutnya, Anda dapat mengatur satu jurnal, satu artikel, atau keduanya. kata kunci yang diinginkan.
  • kami akan berikan contoh yaitu , pengelola menggunakan istilah “media pembelajaran ekonomi”. Untuk memulai, klik gambar pencarian atau tekan enter di keyboard.
  • Berikut adalah hasilnya. Sembilan puluh artikel dalam jurnal gratis dapat diunduh
  • setela itu pilih artikel yang igin kamu unduh, jika kamu sudah menemukannya maka klik ” teks lengkap ” untuk mengunduh artikel
  • selanjutnya kamu akan diarahkan dihalaman unduhan di sumber jurnal secra langsung Kecepatan pemuatan halaman juga tergantung pada jurnal tujuan. Jadi, harap tunggu sebentar untuk prosesnya.
  • Nah, jika sudah terbuka seperti gambar di atas, silahkan cari tombol download atau download PDF-nya. Dan biasanya terletak di bawah abstrak. Seperti contoh berikut.
  • Cukup klik “PDF” saat saya menandainya dengan lingkaran merah. Kemudian kita akan diarahkan ke preview download. Silahkan langsung download atau unduh pada bagian seperti di bawah ini.
  • Nah, sekarang file artikel jurnal yang kamu butuhkan disimpan dan juga telah berhasil diunduh di perangkat kamu.

Sejarah Dan Misi DOAJ

Cara Download Jurnal Di DOAJ

Database atau basis data ini awalnya hanya terdiri dari 300 jurnal, namun sekarang mencakup 15.000 jurnal dalam bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, dan humaniora.

Salah satu tujuan DOAJ adalah untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, reputasi, penggunaan, visibilitas, dan dampak jurnal penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara gratis di seluruh dunia.

DOAJ akan bekerja sama dengan penerbit, editor, dan pemilik jurnal untuk melakukan praktik manajemen jurnal yang paling baik.

DOAJ berkomitmen untuk menjadikan sepenuhnya mandiri, gratis untuk digunakan atau digunakan kembali, dan menjaga semua layanan. Ada akses keOleh karena itu, artikel jurnal gratis dapat diunduh dengan mudah di lokasi ini.

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Setelah kita membahas cara-cara mendownload jurnal di DOAJ, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas keuntungan yang ditawarkan olehnya .

1. Meningkatkan nilai akreditasi jurnal ilmiah

Jika jurnal yang sudah terindeks dalam DOAJ maka jurnal tersebut sudah memenui standar jurnal ilmiah seakan jurnal yang terindeks doaj akan mempunyao nilai puls dari asesor akreditasi jurnal

 2. Perolehan angka kredit maksimal 20 kum

Menurut PO PAK Dosen Ristek (2019), maksimal 20 kredit dapat diperoleh dari artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal terindeks DOAJ.

Coba hitung kredit jika kita bisa menerbitkan 4 artikel di jurnal terindeks DOAJ selama satu tahun. Oleh karena itu, Anda pasti akan dipromosikan dengan cepat.

3. Meningkatkan traffic kunjungan ke website jurnal 

DOAJ adalah database atau pusat data artikel jurnal yang dapat diakses dari seluruh negeri, atau lebih tepatnya, siapa pun dapat mengaksesnya.

Ketika seseorang mencari informasi menggunakan DOAJ untuk menemukan artikel yang relevan dengan penelitian mereka, mereka hanya perlu memasukkan variabel yang diperlukan, dan DOAJ secara otomatis menampilkan informasi jurnal, judul artikel, dan file PDF ketika mereka mengklik jurnal.

4. Membantu penerbit untuk mengadopsi cara-cara terbaik dalam pengelolaan jurnal dan membuat jurnal lebih atraktif (doaj.org)

Kita menyadari bahwa DOAJ memuat berbagai macam jurnal yang harus memenuhi persyaratan kelayakan yang ketat.

Jurnal yang tidak memenuhi persyaratan ini tidak akan diindeks dan akan dikenakan sanksi. Ini sangat penting bagi penerbit dan pengelola jurnal.

Melihat jurnal yang terindeks DOAJ dapat meningkatkan semangat untuk inovasi dalam pengelolaan jurnal.

Sangat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan jurnal yang kami kelola dengan mempelajari praktik terbaik pengelolaan jurnal lainnya.

5. Mempermudah pencarian referensi Cara

Untuk orang-orang yang mencari informasi terkait referensi, seperti dosen, peneliti, dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, DOAJ dapat dioptimalkan.

Referensi penelitian terbaru disajikan secara langsung di DOAJ, dan penggunanya dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

kesimpulan

mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Download Jurnal Di DOAJ, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih