Cara Indeks DOAJ

Selamat datang di website WR Publishing, Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Indeks DOAJ, ingin tahu seperti apa caranya maka simak artikel ini sampai habis ya!

Layanan Infrastruktur untuk Akses Terbuka (IS4OA) bertanggung jawab atas Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ). DOAJ adalah situs web yang melayani jurnal yang aksesnya terbuka.

DOAJ menyatakan bahwa jurnal akses terbuka “menggunakan model pendanaan yang tidak membebankan biaya kepada pembaca atau institusi mereka” dan memenuhi standar kualitas yang tinggi melalui kontrol kualitas editorial atau tinjauan sejawat.

Pembaca memiliki hak untuk “membaca, mengunduh, mentransfer, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau mengaitkan” teks artikel ini, menurut definisi “Akses Terbuka” inisiatif Budapest Open Access.

DoAJ didirikan untuk “meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas jurnal ilmiah dan ilmiah akses terbuka, sehingga meningkatkan penggunaan dan dampaknya bagi ilmu pengetahuan dunia.”

Perlu diketahui bahwa pada Maret 2015, database DOAJ berisi daftar 10.000 jurnal. Pada tahun 2012, rata-rata empat jurnal ditambahkan setiap hari.

Pada Mei 2016, DOAJ mengumumkan bahwa sekitar 3.300 jurnal telah dihapus dari database dalam upaya meningkatkan keandalan daftar mereka.

Pada 25 Februari 2018, sekitar 11.210 jurnal terdaftar dalam basis datanya, dan jurnal yang dihapus dapat diminta kembali sebagai bagian dari proses yang berkelanjutan.

Untuk alasan ini, DOAJ saat ini menjadi pilihan utama pengelola jurnal. Ini karena artikel yang diterbitkan dalam jurnal memiliki popularitas di seluruh dunia.

Cara Indeks DOAJ Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Cepat Diterima!

Cara Indeks DOAJ

Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengindeks doaj berikut langkah-langkah yuk kita simak :

Langkah Pertama

Saat mengindeks DOAJ, pertama-tama pastikan integritas website jurnal yang Anda kelola untuk memenuhi persyaratan DOAJ.

Dengan menambahkan blok pada Plugin Custom Blog Manager, Anda dapat membantu pengelola jurnal mengirimkan formulir pendaftaran kami juga akan memberikan kode HTML untuk blog dan halaman statis yang dapat Anda gunakan.

Langkah-Langkah Menambahkan Block :

  • Pertama tama, silahkan kamu masuk sebagai Journal Manager
  • Kemudian, klik Setting Website
  • Klik Plugins  lalu Custom Blog Manager

Langkah-Langkah Menambahkan Static Page :

  • Pertama-tama, silahkan kamu masuk ke Journal Manager
  • Lalu pilih Setting Website
  • Kemudian klik Static Page

Berikut adalah Cara Indeks DOAJ :  

  • Pertama-tama, silahkan kamu klik Register / Daftar
  • Lalu lengkapi formulir yang diminta
  • Nah kemudian silahkan input email konfirmasi (email ini berguna untuk berkomunikasi antara Pengelola Jurnal & Reviewer DOAJ)
  • Langkah yang terakhir, silahkan Klik Save / Simpan

Apabila sudah selesai, Anda hanya perlu menunggu evaluasi dari DOAJ, tidak lebih dari enam bulan. Setelah itu, Anda akan diberikan masukan tentang perbaikan atau penggantian elemen pada jurnal OJS Anda dalam waktu yang ditentukan. (1 hari, 1 minggu, 1 bulan, dan tidak ada tenggat waktu)

Klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk memulai percakapan. Tim kami siap membantu kamu kapan saja!

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ Bagi Dosen

Cara Indeks DOAJ

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ Bagi Dosen

Jurnal terindeks DOAJ jelas memiliki banyak Manfaat bagi para dosen. Secara umum, memiliki banyak jurnal yang sudah terbit dan terindeks DOAJ serta memenuhi berbagai kriteria akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan pangkat atau jabatan mereka. Ini terutama benar jika nilai jurnal tersebut lebih tinggi dari jurnal yang tidak terindeks di DOAJ.

Berikut ini adalah beberapa Manfaat bagi para dosen yang memiliki jurnal yang terindeks DOAJ. Lihat pembaruan berikut untuk lebih jelasnya.

1. Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 kum

Jurnal yang terindeks DOAJ akan berdampak positif, terutama untuk penelitian, karena kenaikan angka kredit untuk jabatan akademik dosen.

Misalnya, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal DOAJ yang terindeks dapat memperoleh hingga 20 kredit.

2. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

Jurnal yang telah diindeks oleh DOAJ jelas memenuhi standar jurnal ilmiah, yang memberikan poin tambahan atau nilai kepada asesor yang mengakreditasi jurnal.

3. Meningkatkan Traffic Kunjungan ke Website Jurnal

Jika Anda sedang mencari informasi, DOAJ memiliki database yang dapat diakses oleh siapa saja dari seluruh negara. Anda dapat menggunakan DOAJ untuk menemukan artikel yang sesuai dengan penelitian.

Anda hanya perlu mengetikkan variabel yang diinginkan, dan judul artikel, informasi, dan file PDF akan muncul.

4. Membantu Penerbit Untuk Mengadopsi Cara-Cara Terbaik Dalam Pengelolaan Jurnal dan Membuat Jurnal Lebih Atraktif (doaj.org)

Semua orang tahu bahwa DOAJ berisi daftar jurnal yang harus memenuhi kriteria kelayakan yang ketat.

Jurnal yang tidak memenuhi kriteria ini akan dikenakan sanksi dan akhirnya dikeluarkan dari indeks. Penerbit dan pengelola jurnal harus berhati-hati dengan hal ini.

Kreativitas pengelolaan jurnal semakin meningkat jika kita melihat jurnal yang terindeks DOAJ. Melihat praktik terbaik lain dalam pengelolaan jurnal akan sangat membantu Anda berkembang dalam jurnal yang Anda kelola saat ini.

5. Mempermudah Pencarian Referensi

DOAJ dioptimalkan untuk pencari referensi seperti peneliti, pengajar, dan siswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Referensi terbaru yang relevan dengan penelitian disajikan secara langsung di DOAJ, sehingga sangat mudah bagi peselancar DOAJ untuk menemukan referensi yang mereka butuhkan.

Klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk memulai percakapan. Tim kami siap membantu kamu kapan saja!

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara indeks doaj, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih sudah membaca!


FAQ

Apa beda DOAJ dan Scopus?

Yang pertama adalah DOAJ, pengertian dari DOAJ merupakan sebuah situs ilmiah yang memuat daftar directory jurnal akses terbuka dari seluruh dunia. Dan pengertian scopus secaara garis besar adalah sebuah database untuk jurnal internasional bereputasi.

Index jurnal itu yang mana?

Indeks jurnal adalah suatu cara untuk mengidentifikasi dan mengorganisir jurnal ilmiah berdasarkan topik, subjek, dan/atau kriteria lainnya. Indeks ini bertujuan untuk memudahkan peneliti, mahasiswa, dan profesional dalam menemukan jurnal yang relevan dengan topik atau bidang yang mereka minati

Apakah DOAJ gratis?

DOAJ adalah direktori yang mengindeks ribuan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis penuh ke artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal-jurnal terverifikasi