Cara Membatalkan Submit Jurnal di Sinta

Cara Membatalkan Submit Jurnal di Sinta

Halo rekan-rekan WR Publishing, bagi kamu yang sedang mencari cara membatalkan submit jurnal di sinta, silahkan simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan jawabannya.

Pengajuan jurnal ke dalam database sinta bukan lagi hal yang baru bagi para peneliti dan akademisi di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah nasional maupun internasional.

Namun, ada kalanya kamu terpaksa membatalkan submit jurnal dikarenakan beberapa kondisi yang mengganjal.

Mau tahu juga ciri-ciri jurnal nasional? >>>klik di sini<<<

Apa Itu Sinta?

Pada bagian pertama ini kami akan mengulas kembali materi apa itu jurnal sinta, berikut adalah ulasannya:

Sinta merupakan kependekan dari Science and Technology Index sebuah situs web atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Portal ilmiah daring ini menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi lengkap dengan informasi terkait jurnal, seperti nama jurnal, penerbit, ISSN, pengindeksan dan kategori jurnal.

Oleh karena itu, sinta lebih dikenal sebagai sebuah pusat data atau database jurnal nasional
terakreditasi.

Sinta bisa dijadikan sebagai tujuan utama ketika kamu sedang mencari referensi jurnal baik itu untuk penelitian ilmiah maupun untuk keperluan tugas kuliah semata.

Jurnal-jurnal di sinta sudah terbukti valid dan diakui oleh Kemendikbud Ristek, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk menjadikannya sebagai sumber rujukan.

Lewat sifat inilah, sinta dapat menjadi media untuk mengukur atau menunjukan kekuatan publikasi ilmiah dari sebuah perguruan tinggi atau lembaga.

Keuntungan Mengajukan Jurnal di Sinta

Setelah mengetahu pengertian sinta, kita akan masuk ke pembahasan berikutnya, yakni tentang keuntungan mengajukan jurnal ke sinta:

Para peneliti dan akademisi di Indonesia yang mengajukan jurnal ke dalam database sinta akan memperoleh beberapa keuntungan.

Pertama, jurnal yang terakreditasi sinta dinilai memiliki reputasi baik, hal ini secara tidak langsung akan memperkuat posisi jurnal sebagai sumber pengetahuan yang terpercaya dan kredibel di mata masyarakat.

Kemudian, pengajuan jurnal ke dalam database sinta dapat membantu para peneliti dan akademisi untuk meningkatkan visibilitas dan citasi publikasi mereka.

Visibilitas dan citasi yang meningkat secara signifikan memberikan keuntungan dalam proses penilaian kinerja dan promosi karir di bidang akademik.

Pembatalan Submit Jurnal di Sinta

Adapun hal-hal yang menyebabkan pengaju membatalkan sumbit jurnal akan dijelaskan di bawah ini:

Pembatalan submit jurnal di sinta merupakan suatu hal yang wajar dilakukan dengan catatan ditemukan kesalahan atau perubahan kebijakan dari pengaju terkait jurnal yang diajukan.

Proses pembatalan submit jurnal sinta harus dilakukan sesuai dengan syarat dan prosedur yang telah ditentukan oleh sinta.

Syarat Membatalkan Submit Jurnal di Sinta

Sebelum masuk ke pambahasan utama tentang cara membatalkan submit jurnal di sinta, alangkah lebih baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu syarat-sayaratnya:

Ada beberapa syarat yang harus pengaju penuhi untuk membatalkan submit jurnal sinta, syarat ini ditentukan oleh Kemenristek/BRIN.

Syarat pertama adalah pengaju harus memiliki akses ke akun jurnal sinta yang dituju pada saat pengajuan.

Kemudian, pengaju harus menghubungi tim administrasi sinta lewat email atau layanan pengaduan yang berada di situs web resmi sinta.

Cara Membatalkan Submit Jurnal di Sinta

Cara Membatalkan Submit Jurnal di Sinta

Tibalah kita di pembahasan utama tentang cara membatalkan submit jurnal di sinta, adapun langkah-langkanya akan dijelaskan di bawah ini:

Dalam pengajuan pembatalan submit jurnal di sinta, pengaju harus menjelaskan penyebab atau alasan mengambil keputusan tersebut

Selain itu, pengaju juga perlu menyediakan bukti-bukti yang mendukung pembatalan submit jurnal, misalnya menunjukan email konfirmasi atau bukti pembayaran yang telah dilakukan.

1. Proses Pembatalan Submit Jurnal di Sinta

Setelah pengaju mengirimkan permintaan pembatalan submit jurnal, tim sinta administrasiakan memproses permintaan tersebut.

Lama atau tidaknya proses ini tergantung pada kompleksitas kasus dan jumlah permintaan yang sedang diproses.

Jika pengajuan pembatalan submit jurnal di sinta dinyatakan diterima dan diproses maka pengaju akan menerima pemberitahuan mengenai hal tersebut lewat email.

2. Kondisi yang Memungkinkan Pembatalan Submit jurnal di Sinta

Meskipun Kemenristek/BRIN menyediakan layanan pembatalan submit jurnal di sinta, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pengaju melakukan pembatalan.

Kondisi yang memungkinkan untuk pembatalan submit jurnal di sinta, antara lain:

  • Kesalahan pengaju pada saat mengisi formulir pengajuan jurnal.
  • Perubahan kebijakan terkait jurnal yang diajukan.
  • Terdapat kesalahan teknis pada sistem jurnal sinta.

3. Kondisi yang Tidak Memungkinkan Pembatalan Submit jurnal di Sinta

Setelah mengetahui kondisi yang memungkinkan pembatalan submit jurnal di sinta, pada bagian ini kita akan membahas kebalikannya.

Adapun kondisi yang tidak memungkinkan untuk pembatalan submit jurnal di sinta, antara lain:

  • Jurnal telah diproses oleh tim editorial jurnal yang dituju
  • Jurnal sudah terbit.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar cara membatalkan submit jurnal di sinta, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua. Terimakasih!


FAQ

Apakah manuskrip yang telah di submit bisa di cancel?

Penulis tidak diperbolehkan untuk membatalkan naskah yang sudah dikirimkan karena pembatalan atau penarikan naskah merupakan pekerjaan sia-sia (pemborosan tenaga dan waktu) yang dilakukan oleh editor atau reviewer.

Apakah boleh submit jurnal lebih dari satu?

Seorang penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan naskah penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Berapa lama proses upload jurnal Sinta?

Berapa lama upload jurnal di Sinta? Setidaknya dibutuhkan waktu paling cepat itu sekitar 8 bulan sampai satu tahun lamanya.