Cara Menulis Jurnal Internasional dengan Baik & Benar

Cara Menulis Jurnal Internasional

Bagi kamu yang sedang kebingungan dalam Cara Menulis Jurnal Internasional dengan baik dan benar, tenang saja karena artikel ini akan membahas sampai tuntas.

Dengan kemajuannya teknologi dan ilmu pengetahuan, melakukan publikasi dan menyusun berbagai hasil penelitian ke dalam jurnal semakin mudah, baik jurnal nasional maupun internasional.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal ilmiah adalah suatu bentuk laporan hasil penelitian nonakademik dan akedemik. Hal ini bertujuan sebagai pembuatan studi dan hasilnya bisa diakses oleh banyak orang sehinggi dapat digunakan.

Pengertian Jurnal Internasional 

Pengertian Jurnal Internasional

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Menulis Jurnal Internasional, ada baiknya kita mengenal lebih dalam lagi mengenai Jurnal Internasional.

Jurnal internasional adalah salah satu publikasi jurnal yang dilakukan oleh pihak internasional. Jenis-jenis jurnal ini sudah memiliki yang bereputasi dan juga ada yang belum. Fitur utama jurnal bereputasi adalah terindeks pada database internasional bereputasi.

Jurnal yang terindeks database internasional bereputasi seperti di Scopus, Web of Sciencem Microsoft Academic Search, dan lainnya. Jurnal ini menggunakan Bahasa Inggris karena diterbitkan ke seluruh dunia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Internasional

Oke teman-teman, kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Menulis Jurnal Internasional. Simak berikut ini adalah cara-cara penulisannya:

1. Menentukan Tema Penelitian 

Langkah pertama untuk melakukan cara menulis jurnal internasional adalah menentukan topik penelitian yang menarik. Memilih topik ini tentunya yang mengandung unsur kebaruan.

2. Selaras dengan Bidang Keilmuan

Tahap selanjutnya adalah mencari jurnal referensi yang sesuai dengan bidang ilmu yang kamu miliki. Hal ini akan berjalan baik karena akan dianggap kompeten di bidangnya jika relean.

3. Menarik Minat Reviewer 

Menyusun jurnal juga perlu diperhatikan terhadap kebutuhan dan selera reviewr. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menarik perhatian mereka. Misalnya, kamu menggunakan jurnal referensi yang ditemukan oleh reviewer dengan sesuai bidang ilmunya.

4. Minimalkan Kesalahan Human Error 

Selanjutnya kamu sesuaikan penulisan dengan pedoman penulisan yang berlaku. Selain itu, menghindari kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Seperti salah ejaan, kesalahan tata bahasa, dan lainnya.

5. Menghindari Plagiat 

Plagiarisme adalah kesalahan besar di lingkungan dunia akademis. Oleh karena itu, kamu harus memahami dengan baik bagaimana cara menulis jurnal tanpa plagiarisme.

6. Cermat Menyusun Daftar Pustaka 

Perlu berhati-hati dalam menyusun daftar pustaka. Jika diperlukan, kamu bisa mengompilasinya dengan aplikasi khusus untuk menghindari kesalahan.

7. Menyusun Persembahan 

Melakukan penyusunan persembahan yang akan ditempatkan di akhir jurnal internasional, yang telah terbukti penting. Sebab, tahap ini penulis jurnal bisa menyampaikan rasa terimakasih dan terimakasih atas bantuan semua pihak.

8. Melakukan Pembayaran 

Nah tahap terakhir dalam melakukan cara menulis jurnal internasional adalah jika jurnal dikompilasi itu sudah diterima, maka dengan cepat atau lambat akan menerima LoA yang berisikan invoice. Maka dari itu, kamu segera melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan mata uang dari negara asal namun ada juga yang memakai dollar Amerika.

Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Internasional

Akhri Kata

Baik teman-teman, mungkin itu saja yang dapat kami berikan terkait Cara Menulis Jurnal Internasional. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian, terimakasih.


FAQ

Jurnal internasional itu yang seperti apa?

Jurnal internasional adalah publikasi akademik yang berisi artikel-artikel penelitian yang telah melalui proses penelaahan oleh para ahli (peer review) dan diterbitkan oleh penerbit yang berbasis di luar negeri atau memiliki pembaca dan penulis yang berasal dari berbagai negara

Apakah Jurnal internasional harus pakai Bahasa Inggris?

Hal pertama yang paling terlihat adalah bahasa. Jurnal internasional menggunakan bahasa PBB. Ada 6 bahasa resmi yaitu Inggris, Spanyol, Tiongkok, Rusia, Perancis, dan Arab.

Apakah jurnal internasional harus terindeks Scopus?

KEMENTERIAN Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyatakan publikasi jurnal ilmiah internasional tidak harus terindeks Scopus, namun bisa juga terindeks lainnya.