Cara Submit Jurnal Sinta

Cara Submit Jurnal Sinta

Halo teman-teman Pusat Publikasi, Bagi kamu yang sedang mencari cara submit jurnal sinta, kamu datang di artikel yang tepat! Yuk simak caranya hingga selesai.

Perlu kita ketahui bahwa artikel yang telah disusun harus segera untuk diterbitkan. Jika Anda masih pemula pada bidang ini, maka dapat mempelajari proses pengajuannya terlebih dahulu. Menyerahkan artikel ke jurnal berarti Anda harus mengirimkan naskah artikel ilmiah ke penerbit jurnal.

Pada tahap penyerahan ini merupakan langkah awal dari proses publikasi berbagai jurnal ilmiah. Jika proses submit sudah selesai, maka tinggal menunggu untuk memproses review penerbit jurnal. Namun, masih sedikit mahasiswa, peneliti dan dosen yang mengetahui hal ini.

Dalam proses penerbitan artikel ilmiah lewat jurnal perlu membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar enam bulan bahkan lebih.

Cara Submit Jurnal Sinta

Cara Submit Jurnal Sinta

Nah, kami akan memberikan cara submit jurnal sinta baik sinta 1, sinta2,sinta 3,sinta 4, sinta5, dan sinta 6. Untuk langkah-langkahnya, simak berikut ini :

  • 1. Langkah pertama kunjungi situs website resmi OJS 
  • 2. Lakukan pendaftaran “Register” Dengan Akun Kamu “Silahkan isi “contact form”
  • 3. Selanjutnya, klik :Make a New Submission”
  • 4. Kemudian, isi dalam bagian “Pilih sebagai Article”
  • 5. Ceklist semua kesediaan yang tertera pada point Submission Requirements
  • 6. Setelah itu, klik Save and Continue
  • 7. Masuk pada bagian sesi Submit artikel, lalu pilih Articel Text
  • 8. Silahkan Upload File yang akan kamu submit
  • 9. Klik “Continue”
  • 10. Lalu klik “Continue” lagi
  • 11. klik “Complete”
  • 12. Kemudian pilih “Save And Continue”
  • 13. Bagian tersebut merupakan sesi Point Enter Metadata
  • 14. Nah, setelah itu kamu isi bagian yang berbintang merah *
  • 15. Di sini kamu bisa Isikan yang sudah tersedia untuk kamu submit
  • 16. Sesi ke-15 harus sesuai dengan artikel jurnal yang akan kamu submit
  • 17. lalu tekan “Finish Submission”
  • 18. Setelah itu tekan “OK”
  • 19. Submission Complete atau selesai

Keuntungan Submit Jurnal SINTA

Keuntungan Submit Jurnal Sinta

Dalam melakukan submit jurnal di Sinta memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti. Berikut ini keuntungannya :

1. Meningkatkan Visibilitas Jurnal

Jika jurnal sudah terdaftar di Sinta pasti akan meemiliki visibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurnal yang tidak terdaftar di Sinta. Pasalnya, Sinta memiliki basis data yang terintegrasi dan sudah bisa di akses oleh banyak orang, termasuk peneliti dan akademisi.

2. Meningkatkan Citasi Jurnal

Selain meningkatkan visibilitas, jurnal yang terdaftar di Sinta juga memiliki peluang untuk meraih citasi yang lebih tinggi. Pasalnya, Sinta menjadi acuan utama bagi banyak lembaga penelitian dan akademisi di Indonesia. Selain itu, jurnal yang sudah terdaftar di Sinta juga bisa memiliki kesempatan untuk lebih mudah ditemukan oleh para mahasiswa, peneliti, dan dosen.

3. Memenuhi Syarat Akreditasi Institusi

Banyak pranata atau institusi di Indonesia memiliki persyaratan akreditasi jurnal sebagai pendukung dalam kegiatan penelitian dan akademik mereka. Pada persyaratan tersebut seringkali melingkupi syarat jurnal yang terdaftar di Sinta.

4. Mendapatkan Pengakuan Akademik

Keuntungan selanjutnya, submit jurnal di Sinta juga dapat memberikan pengakuan akademik yang lebih tinggi bagi peneliti dan akademisi. Hal itu karena jurnal yang sudah terdaftar di Sinta sudah dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas tinggi dan relevan dalam bidangnya. Oleh karena itu, jika jurnal Anda terdaftar di Sinta, maka Anda dianggap sebagai peneliti atau akademisi yang memiliki kredibilitas.

5. Memperkuat Reputasi Institusi

Melakukan submit jurnal di Sinta juga dapat membantu memperkokoh reputasi institusi. Jika sudah banyak institusi yang tedaftar di Sinta, maka reputasi institusi akan mengalami peningkatan di mata lembaga-lembaga penelitian dan akademisi lainnya.

Baca Juga : Template Jurnal Sinta

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan terkait bagaimana cara submit jurnal sinta beserta keuntungannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua, terimakasih.


FAQ

Apakah Upload jurnal Sinta bayar?

Biaya publikasi pada jurnal nasional terindeks Sinta terbilang mahal. berapa sih biaya publikasi jurnal sinta itu? Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.

Berapa lama publikasi jurnal di SINTA?

Dalam publikasi jurnal cepat proses review akan selesai dalam kurun waktu 7 hari dan Loa pun bisa dikirim dalam waktu 1-3 hari. Apa yang dimaksud dengan jurnal Sinta?

Jurnal skripsi minimal SINTA berapa?

Hanya dengan menulis Jurnal (minimal terakreditasi Sinta 6) bersama dengan dosen, mahasiswa dapat Lulus tanpa Skripsi.