Jurnal Hukum Sinta 3

Jurnal Hukum Sinta 3

Halo teman-teman WR Publishing! Kali ini kami akan memberikan beberapa pembahasan beru mengenai Jurnal Hukum Sinta 3.

Nah, Bagi kamu yang sedang mencaritahu pembahasannya, kamu bisa langsung simak saja penjelasan dengan lebih lengkapnya di bawah ini.

Tanpa berlama-lama lagi, selanjutnya kita akan langsung membahas penjelasan dari pembahsan jurnal Hukum sinta 3.

Daftar Jurnal Hukum Sinta 3

Daftar Jurnal Hukum Sinta 3

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan beberapa daftar jurnal hukum sinta 3 yang bisa kamu publikasikan.

Berikut ini terdapat beberapa jurnalnya yang kami rangkum dan ditampilkan menjadi sebuah tabel di bawah ini:

NoNama JurnalScopeAcredited
1Pelaksanaan Hak Jaminan Kesehatan Pengemudi Transportasi Daring di Kediri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019sistem hukumsinta 3
2Akibat Hukum Debitor yang Menyewakan Objek Jaminan Fidusia Tanpa Persetujuan Tertulis Kreditorsistem hukumsinta 3
3Implikasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XVII/2019 terhadap Pelaksaan Eksekusi Jaminan Fidusiasistem hukumsinta 3
4Urgensi Pembentukan Peraturan Daerah tentang Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastuktursistem hukumsinta 3
5Urgensi Pengaturan Unmanned Aircraft Vehicle (UAV) Sebagai Senjata Menurut Hukum Humaniter Internasionalsistem hukumsinta 3
6Hak Gugat Pemerintah terhadap Perbuatan Melawan Hukum di Bidang Lingkungan Hidupsistem hukumsinta 3
7Perbandingan Hukum Penetapan Eksistensi Hak Ulayat Dengan Penetapan Native Title di Australiasistem hukumsinta 3
8Perlindungan Hak Asasi Manusia terhadap Masyarakat Terkait Kebijakan Vaksinasi Covid-19sistem hukumsinta 3
9Peran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Pemberian Izin Usaha Setelah Berlakunya Sistem Online Single Submission (OSS)sistem hukumsinta 3
10Perbandingan Penerapan Hukuman Mati di Indonesia dan Belandasistem hukumsinta 3

Baca Juga: Jurnal Hukum Sinta 2

Pengertian Jurnal Ilmiah

Pengertian Jurnal Ilmiah

Setelah kamu mengetahui beberapa daftar jurnalnya, selanjutnya kami juga akan memberikan penjelasan mengenai pengertian jurnal ilmiahnya.

Menurut Wikipedia, jurnal ilmiah adalah publikasi yang terbit secara rutin dan isinya adalah karya-karya ilmiah, biasanya berupa laporan hasil penelitian. Tujuannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai bidangnya masing-masing.

Dalam bahasa Inggris, jurnal ini sering disebut academic journal atau scientific journal. Intinya, jurnal ini adalah kumpulan artikel ilmiah yang dipublikasikan secara rutin untuk menyebarkan hasil penelitian.

Sebagai kumpulan makalah, daftar jurnal hukum Sinta 3 juga harus mencakup pengetahuan yang luas atau sangat spesifik dalam satu disiplin ilmu atau subdisiplin tertentu.

Tips Lolos Jurnal Hukum Sinta 3

Tips Lolos Jurnal Hukum Sinta 3

Nah, setelah kamu mengetahui daftar dan pengertian jurnal hukumnya, selanjutnya kami juga akan memnerikan cara atau tips lolos jurnal.

Lolos di daftar jurnal hukum Sinta 3 bukan hal yang gampang, karena ada beberapa syarat dan format jurnal yang perlu kamu pahami sebelum mengajukannya.

Sinta (Science and Technology Index) adalah platform buatan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) untuk mengukur kinerja ilmiah dan teknologi di Indonesia.

Sinta juga berfungsi sebagai alat pengindeksan internasional untuk jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti biar jurnal hukum kamu bisa lolos Sinta 3:

1. Daftar ke Portal ARJUNA

Langkah pertama supaya jurnal kamu bisa masuk daftar Sinta 3 adalah dengan mendaftar ke portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).

Ini syarat utama biar jurnal kamu terindeks di Sinta, jika belum kamu bisa langsung akses http://arjuna.ristekdikti.go.id/ buat registrasi.

Setelah daftar, tunggu prosesnya sampai bisa bergabung dengan SINTA.

2. Pahami Peraturan Dirjen Dikti – Jurnal Hukum Sinta 3

Tips kedua adalah memahami Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014. Dalam peraturan ini, jurnal yang ingin mendapatkan akreditasi harus memenuhi syarat yang ditetapkan, termasuk memperoleh nilai evaluasi diri minimal 70.

3. Perhatikan Penilaian Jurnal

Untuk bisa lolos Sinta 3, kamu harus memperhatikan kriteria penilaian jurnal, penilaian dilakukan oleh 4 asesor terakreditasi dari Administrasi Kekayaan Intelektual Kemenristek.

Ada dua aspek yang dinilai, yaitu konten jurnal dan manajemennya, dan pastikan keduanya sudah sesuai standar sebelum dikirim ke ARJUNA untuk dievaluasi.

4. Pahami Waktu Pendaftaran – Jurnal Hukum Sinta 3

Pendaftaran akreditasi jurnal di Sinta hanya dibuka dua kali dalam setahun. Jadi, pastikan kamu nggak melewatkan waktu pendaftaran ini.

Kalau sampai terlambat, jurnal kamu akan ditinjau di siklus berikutnya, yang tentu saja bisa memperlambat proses publikasi.

5. Perhatikan Sistem Penilaian di SINTA

Tips terakhir, pastikan kamu paham sistem penilaian di Sinta, kalau dalam evaluasi diri kamu dapat skor di bawah 70, tim penilai akan memeriksanya kembali.

Hasil evaluasi ini akan menentukan kategori jurnal yang ingin kamu publikasikan. Jadi, pastikan semua data yang kamu isi benar dan lengkap.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, peluang jurnal kamu untuk lolos dan terindeks di daftar jurnal hukum Sinta 3 akan semakin besar.

Kesimpulan

Mungkin cukup sampai sini saja pembahasan yang dapat kami berikan untukmu mengenai Jurnal Hukum Sinta 3, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk semua.