5 Contoh Jurnal Sinta Terbaru 2024

Contoh Jurnal Sinta

Halo sobat publikasi, kali ini kami akan membahas tentang contoh jurnal sinta yang perlu kamu ketahui. Ayo, simak artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas contoh-contoh jurnal terakreditasi sinta, kamu harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud jurnal sinta.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Apa Itu Jurnal Sinta?

Sinta singkatan dari Science and Technology Index yang merupakan sebuah portal web yang dijadikan sebagai situs indexing jurnal yang dikelola oleh kemendikbud.

Tak hanya itu, sinta juga dapat dikatakan sebagai database yang memuat berbagai macam jurnal nasional di semua rumpun ilmu yang terakreditasi oleh Arjuna.

Pada umumnya, jurnal sinta ini digunakan sebagai rujukan bagi para mahasiswa, dosen, dan para peneliti yang sedang membutuhkan referensi jurnal ilmiah.

5 Contoh Jurnal Sinta Terbaru 2024

Nah, bagian ini kami akan memberikanmu sebuah contoh jurnal sinta terbaru di tahun 2024. Berikut ini adalah beberapa contoh jurnal ilmiah yang terdaftar di jurnal sinta:

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh jurnal sinta terbaru 2024.

1. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM)

Contoh jurnal sinta yang pertama adalah Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM). JITM ini merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Mesin dan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

JITM telah terindeks di jurnal sinta dengan akreditasi Sinta 2. Tak hanya itu, JITM juga terdaftar di beberapa basis data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

2. Jurnal Ilmu Lingkungan (JIL)

JIL merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan melalui Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

Untuk JIL ini terindeks di Jurnal Sinta yang terakreditasi Sinta 2. Selain itu, JIL juga sudah terdaftar di beberapa basis data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

3. Jurnal Kesehatan Reproduksi (JKR)

JKR merupakan sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan melalui Program Studi Kesehatan Reproduksi, Fakultas Kedokteran, dan Universitas Indonesia (UI).

Pada JKR ini telah terindeks di Jurnal Sinta dengan akreditasi Sinta 1. Selain itu, JKR juga terdaftar di data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

4. Jurnal Psikologi (JP)

JP merupakan Jurnal Psikolog yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi UGM. Jurnal Psikolog ini terindeks di Jurnal Sinta yang terakreditasi Sinta 2. JP juga sudah terdaftar di beberapa basis data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

5. Jurnal Ilmiah Farmasi (JIF)

Contoh Jurnal Sinta yang kelima adalah Jurnal Ilmiah Farmasi (JIF) yang diterbitkan oleh Fakultas Universitas Airlangga.

JIF telah terindeks di Jurnal Sinta yang memiliki akreditasi Sinta 1. JIF juga telah terdaftar di basis data internasional seperti

JIF ini sudah terindeks di Jurnal Sinta yang terakreditasi Sinta 1. Selain itu, JIF juga terdaftar di basis data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

6. Jurnal Teknik Sipil (JTS)

Terakhir, Jurna Teknik Sipil (JTS) merupakan sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, serta Universitas Kristen Petra.

JTS ini sudah terindeks di Jurnal Sinta dengan nilai akreditasi Sinta 2. JTS juga telah terdaftar di basis data internasional seperti Google Scholar, Scopus, dan DOAJ.

Baca Juga : Template Jurnal Sinta

Format Penulisan Jurnal Sinta

Format Penulisan Jurnal Sinta

Mengutip dari perkataan Prof. Arif bahwa apabila kamu ingin meraih sebuah naskah jurnal ilmiah yang baik, maka kamu perlu memperhatikan dari hal-hal yang penting pada saat pembuatan jurnal.

Adapun bagian-bagainnya sebagai berikut :

  • Judul Artikel
  • Abstrak
  • Keyword
  • Pendahuluan
  • Metode Penelitian
  • Hasil Dan Pembahasan
  • Diskusi
  • Simpulan
  • Ucapan Terima Kasih
  • Referensi

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami tentang contoh jurnal sinta. Semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermafaat bagi pembaca, terimakasih.


FAQ

Apa perbedaan SINTA 3 dan 4?

Sinta 3 merupakan kategori Jurnal yang Terakreditasi peringkat 3 (tiga) dengan nilai akreditasi 60 ≤ n ≤ 70. Sinta 4 merupakan kategori Jurnal yang Terakreditasi peringkat 4 (empat) dengan nilai akreditasi 50 ≤ n ≤ 60.1

Paling bagus SINTA berapa?

Nah, setelah mengetahui semua ini, mungkin kamu akan langsung faham mengenai perbedaan dari tingkatan jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5 & 6 ini bisa langsung terlihat dari berapa nilai akreditasinya. Dan yang paling tinggi adalah Sinta 1, dan yang paling rendah adalah Sinta 6.

Sinta 5 termasuk jurnal apa?

Sinta 5 merupakan tingkatan ke lima dalam akrditasi jurnal Sinta, untuk bias mencapai Sinta 5 jurnal tersebut harus terdaftar di Arjuna dan dilakukan evaluasi dengan skor yang diperoleh minimal 40 hingga 49.