Perbedaan Sinta dan Scopus

Perbedaan Sinta dan Scopus

Pada lingkup mahasiswa dan dosen sudah tidak asing lagi dengan jurnal. Namun, sudahkah mengetahui apa saja perbedaan jurnal Sinta dan jurnal Scopus?

Nah, jurnal Sinta dan Scopus adalah suatu bentuk upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah dalam tingkat nasional maupun internasional.

Sebelum masuk ke pembahasan Perbedaan Sinta dan Scopus, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu kedua jurnal tersebut.

Apa Itu Sinta?

Sinta singkatan dari Science and Technology Index. Sinta sendiri adalah sebuah laman ilmiah online yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi ARJUNA.

Dengan terakreditasi ARJUNA ini bisa memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dengan masa berlaku sampai 5 tahun.

Setelah Anda mengetahui apa itu Jurnal Sinta, selanjutnya kami akan membahas apa itu jurnal Scopus.

Apa Itu Scopus?

Scopus adalah sebuah database jurnal ilmiah yang resmi dikelola oleh perusahaan informasi ilmiah Elsevier yang memiliki standar dan reputasi tinggi di jurnal internasional.

Elsevier ini merupakan salah satu publikasi ilmiah tingkat internasional yang telah berhasil mengindex 22.000 lebih judul artikel yang berasal dari 5000 penerbit.

Apa Sih Perbedaan Antara Jurnal Nasional dan Internasional?

Setelah mengetahui pengertian dari jurnal kedua tersebut, selanjutnya kami akan membahas Apa Perbedaan Jurnal Nasional dan Internasional.

Jurnal nasional biasanya merupakan jurnal yang terindeks sinta, sedangkan jurnal internasional sendiri biasanya memiliki standar Scopus.

Baca Juga : 5 Contoh Jurnal Sinta Terbaru 2024

Perbedaan Jurnal Sinta dan Jurnal Scopus

Perbedaan Sinta dan Scopus

Setelah mengetahui apa itu kedua jurnal tersebut, selanjutnya kita akan membahas Perbedaan Jurnal Sinta dan Jurnal Scopus.

Pasti teman-teman sudah bisa membedakan mana jurnal nasional dan mana jurnal internasional. Namun, kami akan memberikanmu lebih jelas terkait Perbedaan Sinta dan Scopus. Yuk simak di bawah ini sampai selesai!

1. Pengertian

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal nasional yang dikelola Kemendikbud Ristek dengan akreditasi ARJUNA. Oleh karena itu, bagi para dosen dan peneliti sudah bisa menerbitkan jurnal nasional terakreditasi.

Sementara itu, jurnal Scopus adalah sebuah database untuk jurnal internasional bereputasi. Reputasi ini dapat dilihat secara langsung melalui kinerja jurnal dan kinerja beberapa aspek yang menyertainya.

2. Cangkupan Jurnal dari Keduanya

Perlu kamu catat bahwa jurnal nasional yang belum terakreditasi tidak dapat masuk ke dalam database, sehingga memerlukan usaha lebih baik agar jurnal yang diterbitan bisa terakreditasi ARJUNA.

Disisi lain, jurnal scopus sendiri tentunya tingkatan internasional yang sudah memenuhi sejumlah standar sehingga memiliki kualitas terjamin.

3. Standar Jurnal

Standar jurnal sinta adalah hasil akreditasi dari ARJUNA dan juga sitasi. Sedangan standar scopus yaitu jurnal internasional yang memiliki reputasi tinggi.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait Perbedaan Sinta dan Scopus beserta pengertiannya, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih!


FAQ

Scopus buat apa?

Kegunaan Scopus ialah mengaitkan semua artikel yang tersusun ke portal yang merupakan alat ukur prestasi peneliti di masing-masing negara. Scopus mempunyai sistem penilaian yang dinamakan Scrimago Journal Rank (SJR) untuk mengukur sebuah artikel ilmiah. Selain Scopus, ada beberapa layanan indeksasi jurnal lain.

Apa yang dimaksud dengan indeks Scopus?

SCOPUS adalah layanan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar saat ini. Layanan SCOPUS tersebut berada di bawah naungan Elsevier, sebuah organisasi atau perusahaan penerbit publikasi ilmiah internasional yang kini berbasis di Amsterdam, Belanda yang berdiri sejak 1880.

Apakah Sinta termasuk jurnal internasional?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal-jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi.