Cara Daftar Sinta Terbaru yang Mudah dan Cepat

Cara Daftar Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara daftar sinta dengan mudah dan cepat, yuk pahami artikel ini sampai selesai.

Lulusan perguruan tinggi, khususnya S1 hingga S3 wajib menerbitkan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditas.

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara daftar sinta, kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Sinta.

Apa Itu Sinta?

Sinta merupakan singkatan dari Science and Technology Index yang berarti portal indexing journal yang dikelola Kemendikbud Ristek.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Sinta adalah sebuah database atau kumpulan data yang terorganisir untuk jurnal nasional yang terakreditasi oleh ARJUNA.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Daftar Sinta Terbaru 2024 yang Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui apa itu sinta, saatnya kami akan memberikanmu bagaimana cara daftar sinta terbaru dengan mudah dan cepat.

• Kunjungi website resmi sinta ristekditi dengan link ini https://sinta.kemdikbud.go.id/ 

• kemudian klik pada menu “Registration”

• Kamu akan dimintai untuk mengisi data-data:

1. Status (dosen atau dosen)

2. NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional)

3. Nama lengkap

4. Afiliasi

5. Tingkat akademik

6. Nomor id

7. Email pribadi

8. Pasword

9. URL Google Scholar

• Setelah itu, kaitkan URL Google Scholar dari jurnal atau karya ilmiah yang telah kamu publikasikan

• Masukkan juga link Scopus

• Lalu klik Register

• Buka alamat email yang berisikan pesan tautan dari SINTA

• Aktivasi akun Anda dengan cara klik tautan yang diberikan pada email tersebut

• Jika sudah, Anda dapat login untuk masuk ke akun pribadi

• Akun Sinta telah aktif, seluruh aktivitas akademik kamu bisa terintegrasi dalam satu database dari Kemenristek

• Selesai

Inilah Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Dosen Ketahui

Tingkatan Jurnal Sinta

Oke teman-teman publikasi, kami juga akan memberikanmu pengetahuan tentang tingkatan jurnal sinta yang dimulai dari Sinta 1 hingga Sinta 6. Berikut ini adalah tingkatannya:

1. SINTA 1

Sinta tingkatan 1 merupakan level tertinggi dalam sebuah akreditasi jurnal Sinta. Sinta 1 juga terindeks jurnal internasional berupatasi dan akreditasi jurnal nasional (Arjuna) dengan nilai diatas 84.

2. SINTA 2

Sinta 2 merupakan tingkatan kedua dari akreditasi jurnal Sinta yang masuk kategori terakreditas lewat Arjuna dengan nilai 70 – 84 dan terakreditasu LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

3. SINTA 3

Sinta dengan tingkatan 3 ini memiliki nilai jurnal dari 60 – 69 dan terakreditasi Jurnal Nasional (Arjuna). Setiap kategori akreditasi jurnal pasti mempunyai ketentuannya masing-masing seperti Sinta, Arjuna hingga Scopus.

4. SINTA 4

Sinta tingkatan 4 harus memiliki nilai skor 50 – 59 dan telah terakreditasi Arjuna dan sudah diakui dalam tingkat nasional.

5. SINTA 5

Sinta dengan tingkatan 5 ini merupakan akreditasi jurnal sinta yang harus memperoleh nilai skor minimal 40 – 49. Sinta5 ini sudah terdaftar di Arjuna.

6. SINTA 6

Sinta tingkatan 6 merupakan level terendah dari akrditasi jurnal sinta. Namun, Sinta 6 juga sudah terdaftar di skala nasional (Arjuna) dengan nilai 30 – 39.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait bagaimana cara daftar sinta terbaru dengan mudah dan cepat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk semuanya, terimakasih.


FAQ

jurnal Sinta 4 untuk apa?

Jurnal SINTA adalah sebuah laman atau port ilmiah daring yang kini dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang terhubung dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). SINTA termasuk Jurnal SINTA 4 menyediakan database yang terpercaya dan terakreditasi secara nasional.

Apakah jurnal Sinta harus bahasa Inggris?

Terbit secara teratur Jurnal harus terbit secara teratur, minimal 2 kali dalam setahun. Terbit dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris Jurnal harus terbit dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Memiliki ISSN Jurnal harus memiliki International Standard Serial Number (ISSN).

Apakah jurnal Sinta berbayar?

Biaya publikasi pada jurnal nasional terindeks Sinta terbilang mahal. berapa sih biaya publikasi jurnal sinta itu? Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.