Cara Melihat Peringkat Jurnal di Sinta

Cara Melihat Peringkat Jurnal di Sinta

Bagi kamu yang sedang mencari Cara Melihat Peringkat Jurnal di Sinta, yuk simak penjelasan artikel ini sampai selesai.

Sinta singkatan dari Science and Technology Index merupakan sebuah sistem informasi penelitian yang berbasis portal web untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga, dan juga jurnal di Indonesia nomor satu.

Selain itu, Sinta juga dapat dikatakan sebagai database atau pusat data yang dikelola Kemendikbud Ristek dengan menyediakan daftar jurnal nasional yang telah terakreditasi.

Apa Itu Jurnal Terindeks Sinta?

Apa Itu Jurnal Terindeks Sinta

Jurnal terindeks Sinta merupakan jurnal yang terakreditasi dengan skala nasional. Terdapat beberapa istilah bahwa hal ini juga berkaitan dengan pemilihan dan publikasi jurnal, seperti jurnal terindeks mesin pencari jurnal ilmiah, misalnya DOAJ dan Google Scholar.

Jika semakin banyak jurnal yang terindeks, maka visibilitas jurnal kalian juga akan dilihat oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, indeks jurnal juga dapat digunakan untuk “backup”. Selain itu, file biasanya akan ikut terpanen di dalan pusat data pengindeks.

Tingkatan Jurnal Sinta

Perlu kalian ketahui bahwa Sinta ini memiliki kategori tingkatan, yaitu Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, dan Sinta 6.

Nah, peringkat jurnal Sinta tersebut menunjukkan bahwa jurnal yang kalian pilih harus selaras dengan kriteria “terakreditasi nasional”.

Berikut tingkatan jurnal sinta:

  • Sinta 1 (S1): Terakreditasi Peringkat 1, nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  • Sinta 2 (S2): Terakreditasi Peringkat 2, nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
  • Sinta 3 (S3): Terakreditasi Peringkat 3, nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
  • Sinta 4 (S4): Terakreditasi Peringkat 4, nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
  • Sinta 5 (S5):Terakreditasi Peringkat 5, nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
  • Sinta 6 (S6): Terakreditasi Peringkat 6, nilai akreditasi 30 ≤ n < 40

Cara Mengecek Peringkat Penerbit Jurnal di Sinta

Cara Mengecek Peringkat Penerbit Jurnal di Sinta

Oke teman-teman, Cara Mengecek Peringkat Jurnal di Sinta kalian bisa menekan tautan ini ya https://sinta.kemdikbud.go.id, kemudian ketikan kata kunci dan bidang (misal: Ilmu sosial), akan muncul penerbit jurnal dengan peringkat Sinta 1 sampai Sinta 6.

Selain itu, kalian juga bisa melihat logo Sinta lewat halaman atau bagian indexing pada penerbit jurnal. Kemudian tekan gambar logo untuk melihat peringkat Sinta selengkapnya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal di Sinta

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal di Sinta

Simak berikut ini adalah langkah-langkah cara untuk mengetahui akreditasi jurnal melalui portal web Sinta:

Langkah 1

Silahkan kalian masuk ke portal web Sinta melalui link ini  https://sinta.kemdikbud.go.id/ (Tampilan per November 2021).

Langkah 2

Pada bagian pencarian, kalian katik apa yang ingin dicari. Kemudian kalian dapat memasukkan kata kunci penelitian atau bidang penelitian.

Misalnya kalian memilih “ekonomi”, “kimia”, “akuntansi” pada bagian pencarian. Kemudian sistem akan memberikan hasil penelusuran yang akan ditampilkan dalam bentuk daftar. Nah, pada bagian daftar tersebut menampilkan daftar afiliasi dan juga jurnal.

Afiliasi akan menentukan pada lembaga yang memiliki kaitan penelitian pada bidang yang kalian cari, sedangan jurnal akan memilih pada nama jurnal yaitu penerbit karya ilmiah yang lebih fokus pada bidang yang kita cari.

Langkah 3

Langkah ketiga ini dapat kalian klik nama jurnal untuk mengetahui nilai akreditasi dan artikel-artikel yang teratas pada jurnal tersebut.

Selanjutnya kalian klik nama jurnal yang telah sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, kalian juga bisa memperhatikan klasternya.

Cara mengetahui akreditasi jurnal dengan begitu mudah bukan? 

Akhir Kata

Mungkun itu saja yang dapat kami jelaskan terkait Cara Melihat Peringkat Jurnal di Sinta. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.


FAQ

Apakah SINTA berbayar?

Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.

Sinta score itu apa?

SINTA Score adalah salah satu indikator kinerja publikasi ilmiah di Indonesia yang digunakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Apa tanda jurnal Sinta 2?

Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta yang kedua yaitu sudah memiliki ISSN.