Apa Itu Jurnal Sinta?

Apa Itu Jurnal Sinta?

Hallo teman-teman publikasi, Kamu sedang mencari informasi seputar Apa Itu Jurnal Sinta? Kebetulan sekali kamu datang pada artikel yang tepat.

Maka dari itu, yuk teman-teman simak pembahasan artikel ini sampai selesai agar menemukan jawabannya.

Sekilas Tentang Jurnal Sinta

Sekilas Tentang Jurnal Sinta

Sinta (Science and Technology Index) adalah sebuah portal web indexing yang saat ini dikelola oleh Kemendikbud Republik Indonesia.

Selain itu, Sinta juga bisa dikatakan sebagai pusat database yang berisikan jurnal-jurnal nasional dari berbagai rumpun ilmu yang terakreditasi ARJUNA.

Perlu kamu ketahui bahwa Sinta ini diterbitkan oleh pihak Kemenristek Dikti (Kementerian Riset, Teknologo, dan Pendidikan Tinggi). Pada saat ini, lebih mengutamakan evaluasi kinerja jurnal dengan mempertimbangkan kapabilitas akreditas dan sitasi.

Baca Juga: Cara Daftar Sinta

Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Diketahui

Setelah memahami apa itu jurnal sinta, kamu juga perlu mengetahui Tingkatan Jurnal Sinta. Untuk sinta sendiri memiliki 6 tingkatan yaitu Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, dan Sinta 6.

Nah, pembagian tingkatan ini berdasarkan akreditasi sebuah jurnal. Akreditasi jurnal diatur dalam perarturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 terkait Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Untuk pembagiannya sebagai berikut :

  • Sinta 1 (S1): Terakreditasi Peringkat 1, nilai skor akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  • Sinta 2 (S2): Terakreditasi Peringkat 2, nilai skor akreditasi 70 ≤ n < 85
  • Sinta 3 (S3): Terakreditasi Peringkat 3, nilai skor akreditasi 60 ≤ n < 70
  • Sinta 4 (S4): Terakreditasi Peringkat 4, nilai skor akreditasi 50 ≤ n < 60
  • Sinta 5 (S5):Terakreditasi Peringkat 5, nilai skor akreditasi 40 ≤ n < 50
  • Sinta 6 (S6): Terakreditasi Peringkat 6, nilai skor akreditasi 30 ≤ n < 40

Kamu Sedang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Inilah Struktur dan Kriteria Penilaian Jurnal Sinta

Jurnal Sinta mengklasifikasikan jurnal berdasarkan tingkat kualitasnya dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti kualitas editorial, akses terbuka, dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Memahami struktur dan kriteria ini sangat penting bagi peneliti yang ingin meningkatkan visibilitas dan pengaruh penelitian mereka.

TingkatanKriteriaContoh Jurnal
SINTA 1Diterbitkan oleh penerbit besar, memiliki dampak tinggiJournal of Science and Technology
SINTA 2Kualitas dan pengaruh yang baikIndonesian Journal of Social Sciences
SINTA 3Tingkat kualitasnya cukup, namun tetap memberikan kontribusi yang signifikanJournal of Educational Research and Innovation
SINTA 4Kualitas rendah, tetapi masih diakui sebagai jurnalJournal of Basic and Applied Sciences
SINTA 5Jurnal dalam pengembanganInternational Journal of Emerging Technologies and Trends
Tabel Tingkatan dan Kriteria Jurnal Sinta

Keunggulan Jurnal Sinta

Keunggulan Jurnal Sinta

Peneliti dan dosen tidak bisa begitu saja memublikasikan jurnal mereka ke jurnal Sinta. Publikasi di database lain juga memungkinkan, seperti Scopus dan Google Scholar, untuk jurnal berbahasa internasional dan Bahasa Indonesia yang diakui oleh PBB.

Namun, dosen juga harus mencoba menerbitkan jurnalnya ke kategori tersebut. Seperti yang kita ketahui, Sinta memiliki keunggulan karena dapat disinkronkan dengan Scopus, Google Scholar, IPI, dan Inasti.

Dengan demikian, riwayat publikasi semua dosen, baik itu buku maupun jurnal, akan tercatat di halaman Sinta. Selain itu, didukung oleh empat fitur utama, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan jurnal lebih sering dikutip oleh masyarakat ilmiah.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait Apa Itu Jurnal Sinta beserta tingkatan, struktur, kriteria, dan keunggulannya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih.


FAQ

Apakah jurnal Sinta harus Menggunakan bahasa Inggris?

Jurnal Sinta harus terbit dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Bagaimana cara menaikkan skor Sinta?

Menaikkan jumlah publikasi.

Berapa lama jurnal publish di Sinta?

Berapa lama terbit jurnal di Sinta? Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih satu tahun.