Cara Menerbitkan Jurnal ke Sinta yang Benar dan Tepat

Cara Menerbitkan Jurnal Ke Sinta

Hallo rekan-rekan publikasi, Bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara menerbitkan jurnal ke Sinta, yuk simak artikel ini sampai akhir agar mendapatkan jawaban.

Para akademisi wajib membaca artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan infomasi lengkap terakit bagaimana cara menerbitkan atau upload jurnal sinta hingga publish.

Jika kalian melakukan publikasi jurnal di Sinta, maka kamu akan mendapatkan benefit yang luar biasa yaitu bisa meningkatkan jumlah publikasi jurnal terus oleh pemerintah Republik Indonesia.  Hal ini karena dapat meningkatkan reputasi pendidikan di Tanah Air.

Perlu kalian ketahui bahwa Sinta sering kali dijadikan tujuan utama bagi para dosen untuk melakukan pengabdian maupun penelitian.

Pengertian Jurnal Sinta

Pengertian Jurnal Sinta

Nah sebelum masuk ke pembahasan inti yaitu Cara menerbitkan Jurna ke Sinta, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian Jurnal Sinta.

SINTA adalah sebuah portal situs web yang menyediakan daftar jurnal nasional dengan terakreditasi oleh ARJUNA.

Selain itu, SINTA juga dapat dikatakan sebagai database atau pusat data perpustakaan yang berisikan jurnal nasional terakreditasi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Menerbitkan Jurnal Ke Sinta yang Benar dan Tepat

Cara Menerbitkan Jurnal Ke Sinta yang Benar dan Tepat

Langsung saja tanpa basa-basi, bagian ini kami akan memberikanmu bagaimana Cara menerbitkan Jurnak ke Sinta yang benar dan tepat.

Untuk langkah-langkahnya mari kita simak di bawah ini sebagai berikut:

1. Mendaftar Akun Sinta

Hal pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan akun di Sinta. Bagi para dosen hal ini sangat lah penting karena dapat memudahkan saat melakukan proses penerbitan.

Masuk ke laman Sinta, langkah selanjutnya kalian lakukan registration yang berada di bagian atas. Bagi yang sudah memiliki akun bisa langsung klik login yang ada di dalam menu author pada halaman pertama.

2. Mengisi Formulir Registrasi

Langkah kedua adalah mengisi data diri atau formulir registrasi yang sudah ditentukan, mulai dari nama lengkap, id yang ada di Google Scholar, nomor KTP, Id Scopus, dan lainnya.

3. Masukan ID Google Scholar

Selanjutnya melakukan pengisian ID Scopus dan Google Scholar. Hal ini sangat diperlukan karena untuk mengsinkronkan daro kedua database tersebut.

Pada bagian ini kalian harus sudah memiliki akun Scopus atau Google Scholar agar proses pembuatan akun Sinta berjalan lancar.

4. Pengecekan Kelengkapan Data

Bagian keempat ini kamu bisa memeriksa kembali data yang sudah di isi dalam registrasi. Jika sudah benar dan lengkap, lakukan klik tombol registrasi.

Hal ini harus dipastikan karena pengelola halaman Sinta akan melakukan verifikasi.

5. Proses Verifikasi

Setelah melakukan pengecekan kelengkapan data, tim verifikator akan melakukan verifikasi dari laman website Sinta.

Tim Sinta akan mengecek terlebih dahulu keaslian data berdasarkan apa yang telah ditentukan oleh instruktur.

Jika sudah benar terbukti valid, maka proses verifikasi telah selesai. Status yang berada di akun Sinta kalian akan berubah menjadi terverifikasi.

6. Perbaharui Data Profil dan Dokumen

Apabila akun Sinta kalian sudah terverifikasi, langkah selanjutnya yaitu update data profil. Hal ini kamu bisa melengkapi data pribadi yang ada di akun Sinta.

Dan jika melengkapi data diri, kalian dapat memilih nama penulis jurnal yang akan diterbitkan ke Sinta. Perlu dicatat bahwa nama dan data diri pribadi harus benar-benar valid agar mudah dicari.

7. Tahap Sinkronisasi

Lalu tahap selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi akun Sinta kalian dengan akun Scopus atau Google Scholar yang dimiliki. Jika sudah disinkronkan, maka lakukan pendaftaran jurnal yang dipublish di Google Scholar dan Scopus akan segera ditempelkan.

8. Tahap Akreditasi

Langkah selanjutnya adalah indeks merupakan tahap akhir yang bisa dilakukan sendiri oleh para dosen itu sendiri

Nah, tahap terakhir yang bisa dilakukan adalah indeks. Kalian perlu mengajukan permintaan terhadap jurnal ke Arjuna melalui laman https://arjuna.kemendikbud.go.id/.

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

Inilah 6 Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Diketahui Dosen

Inilah 6 Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Diketahui Dosen

Simak berikut ini adalah tingkatan jurnal Sinta yang wajib diketahui oleh mahasiswa khususnya para dosen.

Berikut 6 tingkatan Jurnal Sinta:

  • Sinta 1 (S1): Terakreditasi Kedudukan ke-1, nilai skor akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  • Sinta 2 (S2): Terakreditasi Kedudukan ke-2, nilai skor akreditasi 70 ≤ n < 85
  • Sinta 3 (S3): Terakreditasi Kedudukan ke-3, nilai skor akreditasi 60 ≤ n < 70
  • Sinta 4 (S4): Terakreditasi Kedudukan ke-4, nilai skor akreditasi 50 ≤ n < 60
  • Sinta 5 (S5):Terakreditasi Kedudukan ke-5, nilai skor akreditasi 40 ≤ n < 50
  • Sinta 6 (S6): Terakreditasi Kedudukan ke-6, nilai skor akreditasi 30 ≤ n < 40

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait bagaimana Cara menerbitkan Jurnal Ke Sinta. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu pertanyaan-pertanyaan kalian semua. Terimakasih!


FAQ

Apakah jurnal Sinta ada yang gratis?

Melakukan publikasi jurnal Sinta sendiri, ada yang gratis alias tidak dipungut biaya dan adapula yang berbayar.

Biaya SINTA 5 berapa?

Untuk biaya Sinta 5 terbilang cukup murah.

Sinta berapa yang paling terendah?

Sinta yang paling rendah adalah Sinta 6 (S6).