Cara Mendaftarkan Jurnal ke Sinta

Cara Mendaftarkan Jurnal ke Sinta

Pada kali ini kami akan membahas seputar bagaimana cara mendaftarkan jurnal ke Sinta dengan mudah dan cepat. Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel ini sampai selesai ya!

Perlu kita ketahui bahwa melakukan publikasi jurnal di Sinta akan memiliki keuntungan yang cukup luar biasa, yaitu dapat meningkatkan reputasi pendidikan di Indonesia.

Seorang dosen sering kali melakukan publikasi jurnal di Sinta yang bertujuan untuk menjalankan pengabdian maupun penilitian.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Sebelum masuk ke pembahasan cara mendaftarkan jurnal ke Sinta, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu jurnal Sinta.

Jurnal Sinta adalah sebuah basis data jurnal ilmiah yang paling terkemuka di Indonesia yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas riset dan penelitian di Tanah Air.

Cara Mendaftarkan Jurnal ke Sinta yang Cepat dan Mudah

Cara Mendaftarkan Jurnal ke Sinta yang Cepat dan Mudah

Setelah memahami apa itu jurnal Sinta, kami akan memberikanmu cara mendaftarkan jurnal ke Sinta yang cepat dan mudah. Nah, simak berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapkan Jurnal Anda

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan jurnal Anda secara detail. Di dalam jurnal Anda harus sudah memiliki nomor ISSN, terakreditasi Kemenristekdikti, dan kriteria Sinta seperti mempunyai topik yang relevan.

2. Buat Akun di Portal Ristekdikti

Kemudian langkah selanjutnya adalam membuat akun di situs web Ristekdikti. Nah, akun ini bertujuan untuk mengakses sistem Sinta.

3. Login ke Sistem Sinta

Jika sudah berhasil membuat akun, Anda harus masuk ke sistem Sinta dengan menggunakan akun yang telah dibuat. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman utama Sinta yang akan menampilkan berbagai informasi seputar Sinta.

4. Lengkapi Data Diri

Cara mendaftarkan jurnal ke Sinta selanjutnya adalah memastikan kembali data diri dengan lengkap dan akurat. Hal ini harus dilakukan karena dapat membantu percepatan proses pendaftaran jurnal Anda.

5. Isi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya adalah Anda harus mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Formulir ini berisikan ISSN, nama editor, dan judul jurnal. Selain itu, Anda juga harus mengunggah file jurnal ke dalam format PDF.

6. Verifikasi Jurnal

Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran, jurnal Anda akan diproses verifikasi oleh tim Sinta. Pada proses ini dapat memakan waktu kurang lebih dua bulan.

7. Dapatkan Akreditasi

Nah jika sudah berhasil di verifikasi, jurnal Anda akan diakreditasi oleh Sinta dan dimasukkan ke dalam basis data. Kemudian, jurnal Anda juga akan memiliki peringkat kedudukan berdasarkan kualitas dan reputasi.

Baca Juga: Template Jurnal Sinta

5 Keuntungan Publikasi Jurnal SINTA

5 Keuntungan Publikasi Jurnal SINTA

Terdapat beberapa keuntungan untuk penulis artikel ilmiah yang menerbitkan artikelnya di jurnal SINTA. Berikut ini manfaatnya:

  1. Peningkatan reputasi
  2. Jangkau pembaca yang lebih luas
  3. Meningkatkan peluang pendanaan
  4. Membuka peluang kerjasama
  5. Memperkaya pengalaman akademik

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di jurnal Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Dengan WR Publishing, impian Anda untuk mempublikasikan naskah di jurnal Sinta dapat terwujud dengan lebih cepat dan lebih mudah. Jangan lewatkan kesempatan ini.

Akhir Kata

Oke mungkin itu saja pembahasan dari kami terakait cara mendaftarkan jurnal ke sinta besarta keuntungannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.


FAQ

Biaya SINTA 2 berapa?

Biaya jasa publikasi jurnal SINTA 2 dapat berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta.

Jurnal SINTA dikembangkan siapa?

Jurnal Sinta adalah sebuah basis data jurnal ilmiah yang paling terkemuka di Indonesia yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti.

Apa Keuntungan Publikasi Jurnal di Sinta?

1. Peningkatan reputasi
2. Jangkau pembaca yang lebih luas
3. Meningkatkan peluang pendanaan
4. Membuka peluang kerjasama
5. Memperkaya pengalaman akademik.