Ciri-ciri Jurnal Nasional

Ciri-ciri Jurnal Nasional

Halo rekan-rekan WR Publishing, bagi kamu yang sedang mencari ciri-ciri jurnal nasional, silahkan simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan jawabannya.

Pada pertemuan kali ini kami akan menjelaskan informasi yang cukup penting dalam dunia publikasi, yaitu ciri-ciri jurnal nasional.

Istilah jurnal terakreditasi, baik itu jurnal nasional maupun jurnal internasional pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan para penelirti dan akdemisi.

Namun, dosen-dosen di Indonesia biasanya lebih akrab dengan jurnal nasional terakreditasi DIKTI.

Kendati demikian ternyata masih banyak yang belum mengenal dengan baik apa sebenarnya jurnal nasional terakreditasi.

Mau tahu juga cara download jurnal di sinta? >>>klik di sini<<<

Mengenal Jurnal Nasional Terakreditasi

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang ciri-ciri jurnal nasional, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apa itu jurnal nasional terkreditasi:

Jurnal nasional terakreditasi adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala dengan penyebaran sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

Penerbitannya harus dilakukan secara resmi dengan nomor International Standard Book Number (ISBN) agar dapat disebarluaskan.

Dalam proses penerbitan ini melibatkan para ahli nasional sebagai mitra bersari yang menarik minat ahli dari luar.

Ciri-ciri Jurnal Nasional

Tibalah kita di pembahasan utama mengenai ciri-ciri jurnal nasional, berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Harus Memenuhi Kaidah Keilmuan – Ciri-ciri Jurnal Nasional

Jurnal nasional maupun jurnal internasional wajib hukumnya memberikan dampak positif dalam bidang ilmu pengetahuan.

Jika sebuah jurnal dibuat tanpa disertai prinsip-prinsip keilmuan maka jurnal tersebut akan menjadi karya fiksi yang hanya diciptakan untuk menghibur pembaca.

2. Memiliki ISSN

Salah satu ciri yang melekat pada jurnal nasional adalah memiliki International Standard Serial Number (ISSN).

ISSN terdiri dari 8 digit angka yang umumnya dapat ditemui di bagian belakang jurnal, nomor unik ini berfungsi untuk membedakan suatu jurnal dengan yang lainnya.

Selain itu, ISSN juga berfungsi untuk memudahkan proses pengelolaan dan pemesanan jurnal sehingga lebih efisien.

3. Terdapat Terbitan Versi Online 

Meski cakupan jurnal nasional tidak seluas jurnal internasional, namun publikasi ini tetap harus memiliki terbitan versi online agar pembaca dapat lebih mudah membacanya dan mengunduh artikel dalam format PDF.

4. Jurnal Dikelola Secara Profesional

Salah satu ciri jurnal nasional terakreditasi yang sangat mudah dikenali adalah ada atau tidaknya manajemen yang profesional dalam pengelolaannya.

Manajemen yang profesional menjadi salah satu persyaratan penting bagi jurnal nasional terakreditasi.

Tim professional ini memiliki tanggung jawab mengelola jurnal dan melakukan publikasi secara berkala sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Ditujukan untuk Masyarakat Ilmiah

Pada hakikatnya, jurnal nasional memiliki peran vital dalam membantu komunitas ilmiah dalam menemukan sumber referensi yang efektif.

Komunitas ilmiah, meliputi para peneliti, dosen dan mahasiswa yang sangat bergantung pada hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal untuk mendapatkan informasi yang valid.

6. Diterbitkan Lembaga Mumpuni 

Jurnal nasional terakreditasi dilabeli sebagai publikasi ilmiah yang berkualitas dan pastinya penerbit jurnal tersebut merupakan penerbit resmi, lembaga ilmiah, organisasi profesi, universitas dan lain sebagainya yang menatapkan standar tinggi.

7. Menampung Hasil Penelitian dalam Disiplin Ilmu Tertentu

Penulisan jurnal nasional maupun jurnal internasional pastinya dibarengi dengan prinsip kebermanfaatan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Peneliti melakukan penelitian menggunakan berbagai jenis metode penelitian yang relevan dengan bidang keilmuan tertentu dan keahlian peneliti untuk mengahasilkan artikel yang berkualitas.

8. Memiliki Direksi 

Ciri-ciri jurnal nasional berikutnya adalah dewan direksi dan editor jurnal ilmiah yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing

Dewan direksi bertugas memastikan kebijakan dan pengelolaan jurnal, sedangkan editor berperan dalam dalam proses seleksi, peninjauan, dan penyuntingan artikel yang masuk.

9. Terindeks di DOAJ

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs web yang menjadi tempat atau wadah jurnal akses terbuka berkualitas tinggi.

Memasukkan jurnal nasional ke database DOAJ memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengaksesnya dan secara tidak langsung akan meningkatkan visibilitas bagi jurnal tersebut.

10. Penulis dari Dua Institusi yang Berbeda – Ciri-ciri Jurnal Nasional

Ciri-ciri jurnal nasional yang terakhir adalah penulisnya berasal dari minimal dua negara yang berbeda.

Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya keragaman dan kolaborasi antar institusi dan kerjasama antara penulis.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar ciri-ciri jurnal nasional, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua. Terimakasih!


FAQ

Jurnal nasional itu seperti apa?

Sedangkan jurnal nasional adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai berikut: Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika ilmiah. Memiliki ISSN. Memiliki publikasi versi online.

Apakah jurnal nasional harus ada ISSN?

berdasarkan Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen Tahun 2019, Jurnal Nasional adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai berikut. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika akademik. Memiliki ISSN. Memiliki terbitan versi online.

Jurnal ISSN itu apa?

ISSN (International Standard Serial Number) adalah sebuah nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi terbitan berkala secara cepat dan mudah, baik terbitan media cetak maupun elektronik. 3) Nomor ISSN berlaku secara global/internasional.