Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Halo rekan-rekan WR Publishing, bagi kamu yang sedang mencari cara mencari jurnal internasional di DOAJ, silahkan simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan jawabannya.

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs web pengindeks jurnal internasional bereputasi kategori sedang yang memuat pusat data atau databse jurnal.

DOAJ ini bersifat akses terbuka atau open acces dan tidak dipungut biaya saat proses indeksasinya.

Untuk diketahui, sudah ada 113 negara yang menjadi bagian dari direktori jurnal akses terbuka ini dan 14.675 jurnal serta 4,918,888 artikel.

Pada artikel ini, kami akan berbagi cara mencari jurnal internasional di DOAJ lengkap dengan manfaatnya.

Mau tahu juga cara mencari jurnal internasional terindeks scopus? >>>klik di sini<<<

Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Cara mencari jurnal internasional di DOAJ tidak sesulit yang ada dipikiranmu malah cenderung mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Langkah pertama kunjungi situs web resmi DOAJ di https://doaj.org/.
  • Kemudian, input kata kunci atau keyword menggunakan bahasa inggris karena situs ini menyediakan artikel ilmiah internasional dalam bahasa Inggris.
  • Setelah itu, pilih dan klik jurnal yang ingin kamu buka.
  • Secara otomatis gambarnya akan segera terlihat.
  • Lalu pilih opsi full text dan jangan lupa instal IDM terlebih dahulu.
  • Jika sudah, silahkan unduh jurnal.
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Leads-Whatsapp-10.png

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ

Setelah mengetahui cara mencari jurnal internasional di DOAJ, pada bagian ini kami akan mengulas apa saja manfaat memiliki jurnal yang terindeks DOAJ.

Adapun manfaat jurnal terindeks DOAJ, antara lain:

1. Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Manfaat jurnal terindeks DOAJ yang pertama adalah tata kelola bisa dikatakan sudah memenuhi standar jurnal ilmiah sehingga jurnal yang terindeks DOAJ akan memiliki nilai tambah di hadapan asesor akreditasi jurnal.

Dikutip dari buku pedoman akreditasi jurnal Ristekdikti, jurnal terindeks DOAJ memiliki nilai tiga dari nilai maksimal empat, nilai tambah inilah yang menambah dan menutup aspek penilaian dari unsur yang lain.

2. Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 KUM

Jurnal yang terindeks DOAJ memberikan dampak positif saat penilian angka kredit kenaikan jabatan akademik dosen.

Artikel ilmiah yang dipublikasikan di DOAJ mendapatkan angka kredit maksimal sebesar 20 KUM (lihat PO PAK Dosen Ristekdikti 2019).

Perolehan nilai tersebut bila diakumulasikan, misalnya sebanyak empat buah selama satu tahun di jurnal yang terindeks DOAJ, sangat banyak bukan?

Secara tidak langsung, hal ini menjadi faktor yang mempercepat kamu naik pangkat di dunia pendidikan atau pekerjaan.

3. Meningkatkan Traffic Kunjungan ke Website Jurnal

Dikutip dari situs web resmi DOAJ, https://doaj.org/, website ini menyediakan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu yang dapat diakses oleh masyarakat dari seluruh negara.

Sehingga DOAJ bisa dijadikan tujuan utama jika kamu sedang referensi entah itu artikel maupun karya tulis ilmiah lain yang sesuai dengan riset yang sedang ditekuni.

Cukup masukkan kata kunci atau variable yang relevan dengan riset yang sedang ditekun dan DOAJ akan otomatis memunculkan judul artikel, file PDF dan informasi lainnya yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Ketika kamu mengklik salah satu jurnal maka dengan oromatis kamu akan langsung di arahkan ke website asal jurnal tersebut, artinya kunjungan pada website jurnal tersebut dapat meningkat.

4. Meningkatkan Kemampuan Penulis dan Pengelola Jurnal

Seperti yang kita ketahui, DOAJ berisi kumpulan jurnal dan artikel ilmiah yang telah melewati proses kualifikasi standar yang sangat ketat.

Jurnal yang belum memenuhi kualifikasi yang ditetapkan akan mendapatkan sanksi yang berbuntut pada pemberhentian indeksasi jurnal.

Oleh karena itu, penulis dan pengelola jurnal perlu memerhatikan dan mengadopsi cara-cara terbaik dalam mengelola jurnal.

Jika kamu melihat jurnal-jurnal yang telah terindeks DOAJ maka jiwa kreativitas dalam mengelola jurnal kamu pasti meningkat.

Praktik dan pengelolaan jurnal yang baik sangat ditekankan guna kemajuan jurnal yang sedang kamu kelola

5. Mempermudah Pencarian Referensi

Bagi kamu yang sudah mengetahui cara mencari jurnal internasional di DOAJ, dan bagi rekan-rekan pencari refrensi penelitian, seperti guru, dan mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir, sangat disarankan untuk mengoptimalkan DOAJ.

DOAJ menjadi sumber rujukan valid dan kredibel, riset disajikan secara real time di direktori jurnal akses terbuka ini.

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan DOAJ akan dengan sangat mudah menemukan referensi yang relevan dengan apa yang kamu butuhkan.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar cara mencari jurnal internasional di DOAJ, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua. Terimakasih!


FAQ

Apakah DOAJ termasuk jurnal internasional?

DOAJ adalah salah satu mesin pengindeks jurnal internasional bereputasi kategori sedang yang berisi database atau pusat data jurnal. 

Cara mencari jurnal internasional di mana?

Yang pertama adalah DOAJ, pengertian dari DOAJ merupakan sebuah situs ilmiah yang memuat daftar directory jurnal akses terbuka dari seluruh dunia.

Scopus tertinggi Q berapa?

Scopus mempunyai klasterisasi kualitas jurnal yang dibagi menjadi 4 Kuartil. Q1 yaitu jurnal dengan kualitas tertinggi.