Cara Publikasi Jurnal DOAj

Halo sobat Publikasi, Untuk kamu yang masih bingung mengenai Cara Publikasi Jurnal DOAj, maka kamu harus baca artikel ini sampai habis yuk kita simak pembahasan dibawah ini!

Apa Itu DOAJ?

Publikasi ilmiah DOAJ, atau Directory of Open Access Journals, adalah salah satu yang paling penting dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi karena memberikan akses yang terbuka untuk jurnal-jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu.

Ini menjadi wadah untuk publikasi ilmiah yang sangat dihormati di seluruh dunia Doaj memastikan kualitas dan kredibilitas publikasi selain berfungsi sebagai databas.

Peneliti memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan dan pengaruh penelitian mereka ke seluruh dunia melalui proses publikasi DOAJ.

Cara Publikasi Jurnal DOAJ

Sebenarnya, sangat mudah untuk submit dan mempublikasikan hasil penelitian Anda ke jurnal nasional. Jika Anda ingin tahu cara mempublikasikan jurnal Anda di DOAJ, ikuti langkah-langkah berikut. Jurnal Anda akan terbit dengan cepat dan tepat.

1. Harus Mempunyai Karya Ilmiah Yang Original

Untuk publikasi jurnal DOAJ, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki karya ilmiah yang asli.

Menulis artikel ilmiah dengan penelitian atau tinjauan pustaka adalah wajib. Artikel ini harus benar-benar asli dan tidak boleh meniru karya orang lain.

2. Harus Menyesuaikan Dengan Template Dari Publisher

Penerbit mengubah naskah templated untuk penerbitan jurnal DOAJ yang kedua, mengikuti template jurnal, dan memastikan siapa yang mengirimkannya sangat penting.

Karena setiap editor jurnal biasanya memiliki formatnya sendiri, Anda harus mematuhinya, Template ini biasanya membahas tata letak dari abstrak ke isi.

Semuanya harus diatur dengan hati-hati sesuai dengan aturan ini; format setiap jurnal berbeda, jadi tidak dapat digeneralisasikan.

3. Submit Di Jurnal Yang Sesuai Dengan Bidang Keilmuan

Jurnal yang ingin Anda terbitkan untuk publikasi Doaj yang ketiga harus sesuai, atau setiap jurnal memiliki standarnya sendiri.

Selain DOAJ, ada juga jurnal yang berfokus pada matematika, ilmu sosial, dan bidang lain yang lebih khusus. Salah satu contohnya adalah jurnal yang berfokus pada pekerjaan dokter gigi atau spesialis lainnya.

Jurnal DOAJ dapat ditolak jika dikirim atau dikirim ke dewan redaksi. Sebelum Anda menulis untuk jurnal, Anda harus memahami kategori jurnal. Apakah pengetahuan Anda lebih khusus atau lebih terbatas?

4. Topik Yang Dibawah Harus Fresh

Jika Anda ingin mengetahui cara publikasi jurnal DOAJ dan membuat jurnalnya diterima, pilih topik yang terbaru, segar, dan terkini.

Baca Juga : Cara Jurnal Terindeks DOAJ

Cara Mencari Jurnal Internasional Di DOAJ

Cara Mencari Jurnal Internasional Di DOAJ

Setelah mengetahui tentang cara publikasi jurnal DOAJ, rasanya tidak lengkap jika kita tidak membahas topik pencarian jurnal internasional di DOAJ.

Sekarang mari kita lihat artikel berikut tentang cara menemukan jurnal internasional di Doaj:

1. cara yang pertama yang harus kamu lakukan ialah kamu buka situs DOAJ di http://doaj.org 
2. setelah itu kamu masukan keyword atau kata kunci pencari yang berbahasa inggris kenpa harus menggunakan bahasa inggris karenas situs ini menyediakan artikel ilmiah internasional yang berbahasa inggris.
3. selanjutnya kamu pilih salah satu jurnal yang akan kamu gunakan lalu klik, nah setelah klik bagian tersebut maka secara otomatis akan muncul gambar.
4. cara yang ke empat kamu pilih full text, kamu harus install idm kamu terlebih dahulu
5. setelah itu yang harus kamu lakukan hanya unduh

Manfaat jurnal ilmiah yang terindeks DOAJ

Manfaat jurnal ilmiah yang terindeks DOAJ

Setelah membahas metode publikasi jurnal internasional di DOAJ, kita juga akan membahas keuntungan jurnal ilmiah yang terindeks di DOAJ.

1. Meningkatkan nilai akreditasi jurnal ilmiah

Jurnal yang telah terindeks Doaj sebelumnya dan memenuhi standar jurnal ilmiah menerima poin dan bonus dari reviewer.

Akankah masuk akal jika laporan yang berasal dari jurnal yang diakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (ristekdikti) menerima nilai tiga dari maksimal empat pada komponen penilaian diseminasi?Jumlah ini dapat digunakan untuk menambah komponen evaluasi tambahan atau untuk menyimpannya.

2. Perolehan angka kredit maksimal 20 kum

Jurnal yang sudah terindeks DOAJ dapat membantu penilaian kemajuan akademik dosen, Sesuai dengan PO PAK dosen ristek, jumlah kredit maksimum untuk artikel ilmiah yang dimuat di jurnal terindeks DOAJ adalah 20.

Kami mencoba menghitung berapa banyak kredit yang akan kami dapatkan jika kami dapat menerbitkan empat artikel dalam jurnal DOAJ terindeks dalam jangka waktu satu tahun.

3. Meningkatkan traffic kunjungan ke website jurnal

DOAJ, menurut doaj.org, adalah basis data artikel jurnal yang tersedia untuk semua orang di Indonesia.

Ketika pencari informasi menggunakan DOAJ untuk menemukan artikel yang relevan dengan penelitian mereka, cukup ketik variabel yang diperlukan, dan DOAJ akan menampilkan informasi tentang judul, jurnal, dan file pdf.

Anda akan dibawa ke situs web jurnal secara otomatis saat Anda mengklik jurnal, yang dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web.

4. Membantu penerbit untuk mengadopsi cara terbaik dalam pengelolaan jurnal 

Kita menyadari bahwa DOAJ mencakup berbagai jurnal yang memenuhi persyaratan kelayakan yang ketat. Jurnal yang tidak memenuhi persyaratan tersebut akan dihapus dari indeks dan dikenai sanksi, Baik editor maupun pengelola jurnal harus memperhatikan hal ini.

Jika kalian melihat jurnal yang terindeks DOAJ, semangat untuk inovasi dalam pengelolaan jurnal dapat meningkat. Melihat praktik terbaik dalam pengelolaan jurnal lain sangat membantu kemajuan jurnal.

5. Mempermudah pencarian referensi

DOAJ sangat berguna untuk orang-orang seperti dosen, peneliti, dan siswa yang sedang menyusun tugas akhir.

Ini karena sumber referensi terkait penelitian terbaru disajikan langsung di DOAJ, membuatnya mudah untuk menemukannya.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Publikasi Jurnal DOAJ, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasaih