Cara Jurnal Terindeks Sinta

Halo sobat publikasi, Nah bagi kamu yang sedang mencari cara jurnal terindeks sinta, maka kamu bisa simak artikel ini sampai habis,!

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan mengenai cara jurnal terindeks sinta lebih baiknya kamu harus mengetahui apa itu sinta terlebih dahulu,

Apa Itu Sinta?

Cara Jurnal Terindeks Sinta

Kemendikbud Ristek mengelola Sinta, situs atau platform ilmiah online yang menampilkan daftar jurnal terakreditasi nasional.

Selain itu, Sinta berfungsi sebagai database atau pusat data jurnal nasional yang terakreditasi. Oleh karena itu, Sinta menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang mencari jurnal nasional dengan kualitas yang diakui oleh Kemendikbud Ristek.

Jurnal-jurnal yang digabungkan ke dalam Sinta kemudian menjadi jurnal yang dapat digunakan sebagai referensi, dikutip, dan semacamnya.

Dengan ciri-ciri ini, Sinta berfungsi sebagai sarana untuk menunjukkan betapa bagusnya publikasi ilmiah dari institusi pendidikan atau perguruan tinggi.

Selain itu, Sinta telah dilengkapi dengan Google Scholar dan Scopus, yang dapat memberikan informasi tentang reputasi jurnal secara global.

Diharapkan fitur-fitur ini akan membuat jurnal nasional berkualitas mudah diakses oleh semua orang.

Cara Jurnal Terindeks Sinta

Cara Jurnal Terindeks Sinta

Untuk mendapatkan indeks jurnal di SINTA, penulis harus memenuhi beberapa persyaratan dan melakukan beberapa tindakan, antara lain:

  • Terbit secara konsisten dan sesuai jadwal: Jurnal harus diterbitkan secara konsisten dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Memiliki ISSN: Jurnal perlu memiliki ISSN (International Standard Serial Number) yang dikeluarkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).
  • Terakreditasi oleh lembaga yang diakui: Jurnal wajib mendapatkan akreditasi dari lembaga yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Saat ini, beberapa lembaga akreditasi yang diakui termasuk ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional), DOAJ (Directory of Open Access Journals), dan Crossref.
  • Memenuhi standar kualitas tinggi: Jurnal harus memenuhi standar kualitas tinggi dalam aspek penulisan, penelaahan, dan pengelolaan jurnal secara profesional.
  • Mempublikasikan artikel orisinal dan bermutu: Jurnal harus menerbitkan artikel yang orisinal dan bermutu dalam bidang ilmu tertentu. Artikel yang diterbitkan harus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah kamu sudah memenuhi persyarata langsung saja kita masuk inti pembahasan berikut kami paparkan cara jurnal terindeks sinta yuk kita simak sampai habis.

1. Mendaftarkan Jurnal Ilmiah ke dalam Portal Arjuna

Akreditasi Jurnal Nasional disebut “Arjuna”. Dengan menambah jurnal ke platform Arjuna, Anda semakin dekat dengan sinta.

Anda dapat membuat akun di http://arjuna.ristekdikti.go.id/ jika belum. Setelah mendaftar, Anda hanya perlu bersabar menunggu proses evaluasi naskah jurnal Anda.

Banyak jurnal masuk ke Sinta setiap hari. Agar proses evaluasi tidak terganggu, Anda disarankan untuk tidak menghubungi tim kurator melalui helpdesk.

Sebaliknya, Anda dapat mulai bekerja pada jurnal berikutnya sambil menunggu hasil evaluasi di Sinta .

2. Memahami Dasar Peraturan DirJen DIKTI Nomor 1 Tahun 2014

Memahami ketentuan memastikan yang berlaku adalah cara terbaik untuk jurnal Anda terindeks di Sinta . Aturan biasanya terkait dengan poin, akreditasi, dan sebagainya.

Peraturan Dirjen DIKTI Nomor 1 tahun 2014 menetapkan bahwa jurnal ilmiah harus menerima nilai evaluasi lebih dari 70 poin. Saat memperoleh akreditasi, angka ini dapat digunakan sebagai referensi.

3. Memperhatikan Komponen Penilaian Jurnal Sinta

Dengan memperhatikan isi penilaian, Anda dapat dengan mudah menambahkan beberapa tautan ke jurnal Anda. Secara umum, tim kurator Sinta akan berkonsentrasi pada dua komponen penilaian: konten dan manajemen.

Penilaian konten akan menilai isi jurnal ilmiah Anda secara keseluruhan, termasuk manfaatnya jika diterbitkan secara resmi di dalam Sinta.

Penilaian manajemen akan membahas proses penulisan dan aspek teknis lainnya yang terkait dengan sumber konten.

4. Mampu Menganalisis Peluang Pendaftaran dalam Sinta

Cara agar jurnal terindeks di Sinta dapat dilakukan dengan rajin memeriksa jadwal pembukaannya, selain memperhatikan aspek teknis.

Karena evaluasi memerlukan waktu yang cukup lama, proses pembukaan biasanya dilakukan hanya dua kali setahun.

Jurnal akan diakreditasi dan dievaluasi oleh tim kurator yang ditunjuk oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

Jurnal Anda akan ditinjau pada periode berikutnya jika Anda mendaftar setelah periode pembukaan berakhir. Penulis jurnal yang telah mendaftar sesuai dengan jadwal akan memiliki prioritas pemeriksaan.

5. Memperhatikan Sistem Penilaian yang Dijadikan Stadar Sinta

Bagaimana cara menilai jurnal untuk indeks sinta? Untuk berhasil melewati seleksi, Anda harus mendapatkan skor sebesar 70 poin.

Jika skor jurnal Anda berada di bawah standar, jurnal Anda akan dinilai kembali dan Anda akan diberitahu tentang kekurangan jurnal Anda.

Jika jurnal Anda mencapai Sinta 3 hingga 6, itu menunjukkan bahwa Anda juga telah memenuhi persyaratan untuk tingkat Sinta 1 dan 2.

Akibatnya, skor jurnal Anda akan diberikan peringkat umum. Data untuk penilaian ini akan dikumpulkan dari jurnal-jurnal di seluruh dunia dengan menggunakan sitasi Google Scholar.

Baca Juga : Ciri-ciri Jurnal Nasional

Alasan Mengapa Jurnal Harus Terindeks Sinta

Cara Jurnal Terindeks Sinta

Alasan Mengapa Jurnal Harus Terindeks Sinta

1. Meningkatkan visibilitas dan citasi

Jurnal yang terindeks di sinta lebih mungkin ditemukan oleh peneliti dan akademisi Indonesia karena dapat diakses melalui platform resmi sinta. Selain itu, keterlibatan dalam sinta dapat meningkatkan tingkat sitasi karena komunitas akademik yang lebih luas diakui dan dapat mengaksesnya .

2. Akreditasi institusi

Jurnal yang terindeks di Sinta meningkatkan nilai institusi tempat jurnal diterbitkan. Reputasi dan status institusi di tingkat nasional dan internasional akan meningkat dengan akreditasi jurnal ilmiah yang baik.

3. Memperkuat integritas dan kualitas

Jurnal yang terindeks di sinta menunjukkan bahwa telah melalui proses penilaian dan verifikasi yang ketat terhadap kualitas dan Integritasnya. Ini memberikan kepercayaan pada pembaca bahwa artikel-artikelnya memiliki kualitas penelitian yang baik dan dapat diandalkan.

4. Aksesibilitas bagi para peneliti local

Sinta dirancang dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan distribusi penelitian ilmiah di Indonesia. Para peneliti dan akademisi di Indonesia dapat dengan mudah mengakses jurnal-jurnal berkualitas tinggi dari rekan peneliti dalam negeri dengan menggunakan sinta sebagai indeks jurnal.

5. Dukungan pada perkembangan riset nasional

Dengan mendorong peningkatan kualitas publikasi ilmiah dan memfasilitasi jurnal-jurnal yang berkualitas tinggi, Sinta membantu perkembangan penelitian di Indonesia dan perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi di berbagai bidang.

Berapa Lama Jurnal Terbit di SINTA

Berapa Lama Jurnal Terbit di SINTA

Lamanya jurnal terbit di SINTA bervariasi tergantung pada proses yang dilakukan oleh jurnal dan pihak SINTA. Biasanya, proses peninjauan dan penilaian artikel dapat memakan waktu hingga beberapa bulan. Setelah artikel dan diterima , jurnal biasanya memerlukan waktu beberapa minggu hingga bulan untuk menyiapkan edisi jurnal yang berisi artikel tersebut.

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan kami mengenai Cara Jurnal Terindeks Sinta, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih