Cara Akreditasi Jurnal Sinta

Cara Akreditasi Jurnal Sinta

Selamat datang di WR Publishing, Pada kali kami akan membahas seputar bagaimana cara akreditasi jurnal Sinta. Bagi kalian yang ingin mengetahuinya, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Perlu kalian ketahui bahwa akreditasi jurnal di Sinta merupakan hal yang sangat penting bagi para peneliti dan akademisi di Indonesia.

Hal tersebut karena dapat membantu para peneliti dan akademisi dalam memilih jurnal yang berkualitas untuk menerbitkan naskah mereka dan meningkatkan reputasi akademik mereka.

Sinta telah menggunakan sistem akreditasi yang berdasarkan kualitas naskah, proses peer review, proses editorial, dan keberlanjutan jurnal.

Jurnal yang masuk ke dalam kriteria tersebut akan diberikan skor akreditasi dan kategori akreditasi yaitu Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, atau Sinta 6.

Nah, skor tersebut bisa digunakan untuk menilai kualitas jurnal dan membantu para akademisi dan peniliti dalam memilih jurnal yang memiliki kualitas tinggi untuk menerbitkan naskah mereka.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Sebelum masuk ke pembahasan cara akreditasi jurnal Sinta, kalian perlu memahami terlebih dahulu terkait apa itu Sinta.

Sinta (Science and Technology Index) adalah suatu indeks kinerja jurnal ilmiah yang dipublishkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Tujuan adanya Sinta ini untuk mengukur kualitas jurnal ilmiah yang dipublishkan oleh perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan penerbit di Tanah Air.

Cara Akreditasi Jurnal Sinta

Cara Akreditasi Jurnal Sinta

Setelah membahas apa itu Sinta, pada bagian ini kami akan memberikanmu bagaimana cara akreditasi jurnal Sinta. Simak berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Mendaftar di SINTA

Tahap awal yang harus dilakukan oleh penerbit jurnal adalah mendaftar di Sinta. Untuk pendaftarannya bisa melalui portal web Sinta dan melakukan registrasi. Jika sudah mendaftar, penerbit jurnal harus mengisi formulir terkait jurnal yang akan diakreditasi seperti profil jurnal, pengelola jurnal, dan informasi terkait proses peer review yang dipakai.

2. Meninjau Pedoman Akreditasi Jurnal

Langkah selanjutnya adalah membaca pedoman akreditasi jurnal yang dipublishkan oleh Kemenristekdikti Indonesia. Nah, pedoman ini terdapat informai tentang kriteria akreditasi jurnal di Sinta seperti frekuensi penerbitan, kualitas naskah, proses editorial, proses peer review, dan berkelanjutan jurnal.

3. Menyiapkan Naskah

Setelah meninjau pedoman, langkah selanjutnya adalah menyiapkan naskah untuk melakukan akreditasi di Sinta. Penerbit jurnal harus memastikan naskah yang sudah disiapkan sesuai dengan kriteria akreditas yang ditetapkan oleh Sinta. Hal ini mencakup proses editorial, kualitas naskah, pengelolaan jurnal, dan proses peer review.

4. Mengajukan Naskah ke Sinta

Jika naskah sudah disiapkan, penerbit jurnal bisa mengajukan naskah ke Sinta untuk dinilai kualitas naskahnya.

Nah, bagian ini penerbit jurnal harus mengisi formulir secara daring dan mengunggah naskah jurnal yang akan diakreditasi ke dalam sistem Sinta.

5. Proses Peer Review

Setelah naskah berhasil diunggah ke dalam sistem Sinta, maka proses peer review akan dilaksanakan oleh para peer review yang terdaftar di Sinta. Jika proses peer review sudah selesai, maka hasilnya akan dikirimkan melalui penerbit jurnal.

6. Menunggu Hasil Akreditasi

Pada bagian kelima ini, penerbit jurnal harus menunggu hasil akreditasi dari sistem Sinta. Nah, hasil akreditasi tersebut bisa berupa skor akreditasi, status akreditasi, dan kategori akreditasi.

Jika jurnal sudah memenuhi semua kriteria akreditasi, maka jurnal tersebut akan diberikan kategori akreditasi oleh Sinta.

7. Memperbaiki Jurnal

Jurnal yang tidak memenuhi kriteria akreditasi, maka jurnal tersebut harus diperbaiki dan mengajukan ulang oleh penerbit jurnal ke Sinta untuk dinilai kembali.

8. Mengikuti Perkembangan SINTA

Sinta secara rutin memperbaharui pedoman akreditasi jurnal dan kriteria akreditasi yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, penerbit jurnal harus mengikuti perkembangan Sinta agar dapat memenuhi kriteria akreditasi terbaru yang ditetapkan oleh Sinta.

9. Mengoptimalkan Profil Jurnal

Penerbit jurnal harus mengoptimalkan prosfi jurnal di portal web Sinta. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas jurnal dan meningkatkan peluang jurnal untuk diakreditasi di Sinta.

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di jurnal Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Dengan WR Publishing, impian Anda untuk mempublikasikan naskah di jurnal Sinta dapat terwujud dengan lebih cepat dan lebih mudah. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar bagaimana cara akreditasi jurnal Sinta, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian semua. Terimakasih!