Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta Terbaru

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Halo teman-teman publikasi, Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Memasukkan Jurnal ke Sinta dengan cepat dan mudah.

Perlu kamu ketahui bahwa upload jurnal sinta maupun database internasional sangatlah penting bagi para akademis seperti dosen maupun mahasiswa.

Namun, khususnya untuk para dosen yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan publikasi artikel ilmiah ke dalam sebuah jurnal.

Dalam proses publikasi akan dibuktikan keseluruhan hasil dari pengabdian dan penilitian ke masyarakat yang telah dijalankan oleh dosen.

Selain itu, dosen juga diharapkan untuk melakukan publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Pengertian Jurnal Sinta

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Memasukkan Jurnal ke Sinta, ada baiknya kita mengenal lebih dalam lagi mengenai Jurnal Sinta.

Sinta singkatan dari Science and Technology Index yang merupakan pusat data perpustakaan yang berisikan jurnal nasional terakreditasi.

Sinta sendiri adalah sebuah portal website yang memiliki daftar-daftar jurnal nasional yang terakreditasi oleh ARJUNA.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta Terbaru

Nah, kita akan masuk ke pembahasan utama terkait Cara Memasukkan Jurnal ke Sinta dengan cepat dan mudah. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Mendaftar Akun Sinta 

Langkah pertama, Anda harus mendaftarkan akun di Sinta karena hal inilah yang menjadi satu hal penting bagi para dosen.

Untuk melakukan pendaftaran akun Sinta sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk ke situs dari sinta yakni https://sinta.kemendukbud.go.id/.

Selanjutnya pergi ke bagain menu registration yang berada di atas. Namun, bagi yang sudah memiliki akun bisa langsung masuk ke menu author login pada halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Kemudian, langkah yang kedua ini Anda harus mengisi formulir registrasi akun. Pada formulir ini terdapat ketentuan yang harus diisi seperti nama lengkap, id di Google Scholar, nomor KTP, Id id Scopus, dan lainnya.

3. Masukan ID Google Scholar 

Setelah mengisi formulir, Anda juga harus mengisi ID Scopus dan Google Scholar. Pasalnya, kedua database atau pusat data ini akan sinkron.

Dipastikan Anda sudah memiliki akun Google Scholar atau Scopus agar operasi pembuatan akun di Sinta cepat, mudah, dan bebas masalah.

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada data registrasi. Jika sudah, jangan dulu menekan tombol registrasi, karena Anda perlu memastikan lagi semua data sudah terisi benar dan lengkap.

5. Proses Verifikasi 

Pada tahap ini merupakan tahap akhir dari pendaftaran, yaitu verifikasi. Proses ini akan dilakukan oleh tim verifikator dari portal website Sinta.

Namun, sebelum melakukan itu Sinta akan terlebih dahulu memeriksa validalitas data berdasarkan apa yang telah dimasukkan oleh instruktur.

Setelah itu, universitas memverifikasi ID dengan Google Scholar, NIDN, Scopus, dan lainnya. Jika sudah terbukti valid, maka proses verifikasi selesai.

Status yang berada di akun sintamu akan berubah menjadi terivikasi dan kemungkinan proses akan memakan waktu beberapa hari.

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Jika akun sudah terverifikasi, langkah selanjutnya adalah memperbarui data profil. Para pengguna dapat mengisi data pribadinya di akun Sinta.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menentukan nama penulis jurnal yang akan dipublishkan ke Jurnal Sinta.

7. Tahap Sinkronisasi 

Pada tahap selanjutnya Anda dapat melakukan sinkronisasi akun Sinta dengan akun Google Scholar dan Scopus. Jika sudah, daftar jurnal yang dipublishkan ke akun tersebut akan segera ditautkan.

8. Tahap Akreditasi 

Langkah selanjutnya adalah tahap terakhir, yaitu indeks yang dapat dilakukan sendiri oleh dosen itu sendiri.

Baca Juga: Cara Daftar Sinta

Akhir Kata

Oke teman-teman, mungkin itu saja pembahasan dari kami terkait Cara Memasukkan Jurnal ke Sinta dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua, terimakasih.


FAQ

Apakah Upload jurnal ke sinta bayar?

Biaya publikasi pada jurnal nasional terindeks Sinta terbilang mahal. berapa sih biaya publikasi jurnal sinta itu? Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.

jurnal Sinta 2 bayar berapa?

Namun, untuk jurnal SINTA 2, biaya publish umumnya berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 6 juta. Biaya ini meliputi beberapa hal seperti biaya review artikel, biaya editorial, biaya publikasi artikel, dan biaya administrasi tergantung pada penyedia layanan serta seberapa profesional layanan yang diberikan.

Dimana publikasi jurnal gratis?

Cara publikasi jurnal gratis yang pertama adalah dengan mengunjungi website resmi SINTA. Di halaman Sinta Kemendikbud Anda akan menemukan informasi mengenai majalah yang terindeks Sinta. Pilihlah jurnal yang tepat sesuai rangking Sinta dan pastikan jurnal Anda memenuhi kriteria.