Cara Membuat Akun Sinta

Cara Membuat Akun Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana Cara Membuat Akun Sinta, maka simak artikel ini sampai selesai ya!

Namun, kamu harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sinta, tenang saja karena sebelum ke materi utama artikel ini akan membahas tentang pengertian sinta.

Pengertian Sinta

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Membuat Akun Sinta, kita kenali dulu apa yang dimaksud sinta.

Sinta adalah sebuah platform ilmiah online yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek dan menyediakan daftar jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA.

Seperti diketahui bahwa sampai saat ini sinta masih berkembang dan terus memberikan fitur-fitur baru agar mempermudah penggunanya.

Jurnal sinta yang dikelola langsung oleh Kemendikbud Ristek tentunya memiliki jurnal nasional yang berkualitas dan terakreditasi.

Selain itu, jurnal-jurnal sinta yang berkualitas dan telah terakreditasi tentunya layak dijadikan sebagai referensi, sitasi, dan yang lainnya. Maka dari itu, sinta juga dapat dijadikan sebuah media untuk menunjukkan kekuatan publikasi dari sebuah institusi atau lembaga pendidikan dan perguruan tinggi.

Cara Membuat Akun Sinta

Seteleh mengenal apa itu sinta, yuk kita langsung saja masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Membuat Akun Sinta. Agar kamu bisa membuatnya, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini dengan teliti ya.

Berikut kami paparkan mengenai bagaimana Cara Membuat Akun Sinta:

  1. Memiliki akun email dari gmail 
  2. Memiliki akun email institusi 
  3. Membuat akun google scholar 
  4. Mendaftar akun SINTA
  5. Menunggu verifikasi dari verifikator SINTA

Namun, terdapat beberapa langkah-langkah dalam mendaftar sebagai berikut:

  1. Buka https://sinta.kemdikbud.go.id/
  2. Lakukan pembayaran dengan klik “registration,” namun sebelumnya kamu harus memiliki akun Google Scholar agar dapat mengisi formulir pendaftaran yang telah disedikan. Jika, data sudah diisi semua, lalu klik “register”.
  3. Setelah berhasil register, sistem akan memberikan email verifikasi melalui alamat yang telah Anda isi ketika mendaftar.
  4. Buka email Anda, kemudian klik link “ACTIVATION” atau email verifikasi yang sudah dikirimkan oleh sitem. Apabila link tidak muncul pada pesan, Anda bisa cek pada bagian SPAM atau UPDATE.
  5. Kemudian, lakukan verifikasi pada akun Sinta Anda dan secara otomatis data yang terdapat di google scholar dan scopus akan masuk pada profil akun sinta Anda. 
  6. Jika tahap verifikasi telah berhasil dilakukan, maka akun dan data Anda akan muncul serta dapat dicari oleh publik. 
  7. Akun yang telah diaktivasi dan diverikasi oleh verifikator, maka dapat melakukan login serta memperbaharui data-data pada profil Anda dengan meng-klik update profil. 
  8. Untuk melakukan update data buku pada menu books. Caranya adalah dengan meng-klik pada bagian menu books, lalu masukkan ISBN, jika ISBN sudah terdeteksi dan tersimpan dalam database, maka Anda dapat klik tombol klaim buku. Jika belum terdeteksi, Anda bisa mengisi data buku dengan lengkap, kemudain klik “tautan add book”. 

Baca Juga : Cara Submit Jurnal Sinta

Fitur-Fitur Sinta

Fitur-Fitur Sinta

Nah jika sudah paham dengan Cara Membuat Akun Sinta, kamu juga perlu mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada jurnal sinta ini. berikut ini adalah fitur-fiturnya sinta:

  • Citation
  • Networking
  • Research Output
  • Score

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Mungkin sekian pembahasan dari kami tentang bagaimana Cara Membuat Akun Sinta, pengertian sinta, dan fitur-fiturnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terimakasih!


FAQ

ID SINTA itu apa?

Apa itu akun Sinta? Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek sehingga menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi. Sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi.

SINTA 3 nilainya berapa?

Tingkatan Jurnal Sinta 3 dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3) Tingkatan Jurnal Sinta 4 dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4).

Apakah akun SINTA hanya untuk dosen?

ID ini sendiri selain bisa dimiliki dosen juga oleh peneliti dari berbagai lembaga penelitian di Indonesia. Syaratnya bagi dosen adalah memiliki NIDN maupun NIDK dan sudah melakukan registrasi. Sehingga memiliki akun di SINTA yang secara otomatis akan mendapatkan ID di laman SINTA tersebut.