Cara Membuat Jurnal Sinta Cepat dan Mudah

Cara Membuat Jurnal Sinta

Selamat datang di blog WR Publishing, Pada kali ini kami akan membahas seputar bagaimana Cara Membuat Jurnal Sinta.

Bagi kamu yang belum tahu tutorial cara membuat jurnal Sinta, yuk kamu simak artikel ini sampai selesai agar tahu.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal Sinta adalah sebuah alat yang digunakan oleh Kemenristek/BRIN untuk mengukur kualitas penelitian di Tanah Air.

Selain itu, Sinta merupakan salah satu platform yang menyediakan informasi mengenai kinerja para peneliti di Indonesia.

Oke rekan-rekan, pada artikel ini kami akan membahas Apa Itu Jurnal Sinta terlebih dahulu sebelum masuk ke pembahasan cara membuat jurnal Sinta.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Apa Itu Jurnal Sinta

Sebelum masuk ke pembahasan utama cara membuat jurnal Sinta, alangkah baiknya kamu memahami lebih dalam terkait Apa Itu Jurnal Sinta.

Jurnal Sinta adalah sebuah basis data yang di dalamnya menyediakan berbagai informasi terkait kinerja dan profil akademik dari para peniliti di Tanah Air. Sinta sendiri berasal dari singkatan Science and Technology Index.

Tujuan dari Sinta adalah untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kualitas kinerja penelitian di Indonesia.

Cara Membuat Jurnal Sinta

Cara Membuat Jurnal Sinta

Setelah mengetahui Apa Itu Sinta, mari kita bahas bersama-sama mengenai bagaimana cara membuat jurnal Sinta. Berikut ini caranya:

1. Persiapan Naskah

  • Lakukan pengecekan terlebih dahulu terkait topik penelitian kamu, sudah relevan atau belum dengan bidang ilmu yang terdaftar pada Klasifikasi Bidang Ilmu (KBI) Sinta.
  • Kemudian laksanakan penelitian yang berkualitas dengan menggunakan metodologi yang benar dan sesuai dengan etika penelitian.
  • Setelah itu, naskah artikel ilmiah sesuai dengan format dan pedoman penulisan yang berlaku. Pastikan naskah memuat semua komponen penting, seperti abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

2. Proses Submit Naskah

  • Setelah mempersiapkan naskah, pilihlah jurnal yang tepat dengan bidang penelitian kamu. Kemudian, pastikan jurnal yang dipilih tersebut sudah terakreditasi Sinta dan tentunya memiliki reputasi yang baik.
  • Selanjutnya buat akun di platform SINTA Kemendikbudristek melalui https://sinta.kemendikbud.go.id/.
  • Jika sudah membuat akun, login ke akun Sinta dan lakukan submit naskah artikel kamu lewat sistem daring. Untuk melakukan submit tersebut, pastikan kamu mengisi sesuai instruksi dengan benar.
  • Nah, naskah kamu akan masuk ke dalam proses review oleh tim reviewer jurnal. Namun, kamu harus siap untuk melakukan revisi naskah sesuai dengan saran dan masukkan dari tim reviewer.
  • Apabila naskah kamu berhasil diterima, maka jurnal akan menerbitkan artikel kamu di situs web junal tersebut.

3. Akreditasi Jurnal

  • Untuk meraih peringkat Sinta 1 hingga Sinta 6, kamu harus melawati proses akreditasi terlebih dahulu secara berkala.
  • Peringkat yang didapatkan tersebut sesuai kualitas artikel yang diterbitkan, reputasi jurnal, dan kontribusi jurnal terhadap ilmu pengetahuan.
  • Meningkatkan kualitas jurnal merupakan hal yang penting untuk menerbitkan artikel berkualitas tinggi dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terbaru.

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Dengan WR Publishing, impian Anda untuk mempublikasikan naskah di jurnal Sinta dapat terwujud dengan lebih cepat dan lebih mudah. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang kami buat terkait bagaimana cara membuat jurnal Sinta, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!