Cara Mengecek Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Halo sobat WR Publishing, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengecek jurnal sinta lewat situs web resmi sinta di https://sintakemdikbud.go.id.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang cara mengecek jurnal sinta, berikut adalah ulasan tentang apa itu jurnal sinta secara gratis besar:

Science and Technology Index (Sinta) adalah portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Laman ini menyajikan daftar jurnal nasional yang terakreditasi sistem Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna), dengan kata lain sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi.

Jurnal yang terindex sinta bisa dijadikan referensi terbaik jika kamu sedang mencari informasi penting mengenai penelitian ilmiah dalam berbagai bidang.

Pasalnya, kualitas jurnal yang terindex sinta sudah diakui oleh Kemendikbud Ristek dan sehingga layak untuk dijadikan referensi, dilakukan sitasi, dan sejenisnya. 

Oleh karena itu, sinta bisa menjadi ujung tombak untuk menunjukan kekuatan publikasi ilmiah dari sebuah lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.

Terlebih saat ini sinta sudah terhubung dengan Google Scholar dan Scopus sehingga diharapkan bisa memudahkan siapa saja mendapatkan jurnal nasional berkualitas.

Baca Juga: Format Penulisan Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Kamu dapat mengecek jurnal sinta dengan mudah dan cepat, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Website Sinta

Langkah pertama, kunjungi website sinta di https://sintakemdikbud.go.id/.

2. Pergi ke Menu Jurnal

Setelah masuk ke websitenya, masuk ke menu Sumber dan klik Jurnal.

3. Mencari Jurnal

Cari jurnal dengan memasukkan kata kunci (keyword) pada kolom pencarian.

Jika sudah, klik tombol enter atau ikon berbentuk kaca pembesar untuk melanjutkan.

4. Memilih Jurnal 

Dalam pencarian ini, kamu bisa mencari jurnal ilmiah yang disinkronkan, adapun pengelompokannya seperti Kesehatan, Sains, Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Masyarakat, dan Mesin.

Misal, kamu memilih bidang pendidikan, pilih apa yang terjadi dengan pencarian ini untuk menemukan jurnal sinta 1, 2, 3, 4 atau lainnya.

Kamu dapat merinci detail tentang jurnal yang dipilih dengan menekan nama jurnal.

Jika kamu ingin membuka jurnal tersebut, klik tombol situs di bagian bawah nama penerbit.

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di jurnal Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Tingkatan Jurnal Sinta

Untuk diketahui, jurnal sinta terbagi menjadi 6 tingkatan, yakni sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Pembagian kategori ini berdasarkan peringkat akreditasi sebuah jurnal, pembahasan tentang akreditasi sebuah jurnal tertuang dalam peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018, berikut rinciannya: 

  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 85s hingga 100s, jurnal kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1)
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 70s hingga 85s, jurnal kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 60s hingga 70s, jurnal ketegori ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 50s hingga 60s, jurnal kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dan 40s hingga 50s, jurnal kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dan 30 hingga 40s, jurnal kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S6).

Akhir Kata

Cukup sampai di sini pembahasan tentang cara mengecek jurnal sinta, semoga dapat dipahami dan menambah wawasan pembaca.


FAQ

Cara cek apakah jurnal sudah sinta?

Langkah pertama kunjungi website sinta dengan url : https://sinta. kemdikbud.go.id/. Kemudian pergi ke navigasi utama (atas) ke bagian “Sumber” dan klik “Jurnal”. Langkah selanjutnya, cari jurnal pada kolom pencarian, masukkan nama jurnal jika ada, dan klik tombol cari.

Bagaimana cara masuk jurnal Sinta?

Jurnal yang akan masuk ke SINTA harus mendaftarkan melalui portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan alamat url: https://arjuna. kemdikbud.go.id/.

Akreditasi jurnal dilihat dimana?

Akreditasi jurnal tertera pada bagian atas halaman jurnal yang diakses.