Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta (Terbaru 2024)

Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, yuk simak artikel ini sampai selesai ya.

Perlu kamu ketahui bahwa Google Scholar dan Sinta merupakan dua platform yang berbeda namun keduanya dapat saling terhubung sebagai peningkatan visibilitas penelitian dan karya ilmiah.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas pengertian jurnal sinta, cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, dan Cara mencari jurnal di google scholar.

Pengertian Jurnal Sinta

Pengertian Jurnal Sinta

Sebelum kamu memahami cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian sinta.

Sinta adalah singkatan dari Science and Technology Index yang merupakan platform ilmiah yang dioperasikan oleh Kemendikbud Ristek.

Tak hanya itu, Sinta juga merupakan suatu program akreditasi jurnal ilmiah yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiah Indonesia secara nasional dan internasional.

Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta Terbaru 2024

Cara Sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta Terbaru 2024

Setelah memahami pengertian Sinta, kamu harus mengetahui cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta. Seperti apa caranya? Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buat akun Google Scholar

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan adalah membuat akun Google Scholar. Jika sudah memiliki akun Google, maka Anda dapat langsung menggunakan akun tersebut untuk mendaftar akun Google Scholar. Setelah itu, lakukan pembuatan akun Google Scholar dengan cara masuk ke situs Google Scholar dan klik “Masuk”. Kemudian, tekan “Buat Profil Saya” dan ikuti langkah selanjutnya untuk mengisi data diri.

2. Tambahkan publikasi ke profil Google Scholar

Jika sudah membuat akun Google Scholar, Anda tambahkan publikasi yang telah dihasilkan ke profil. Lalu, Anda dapat melakukan pencarian publikasi Anda di Google Scholar dan menambahkannya ke profil pribadi. Jika sudah menerbitkan karya baru, sebaiknya Anda langsung menambahkannya ke profil pribadi.

3. Verifikasi profil Google Scholar

Lakukan verifikasi profil Anda setelah menambahkan publikasi ke profil Google Scholar. Sebab, hal itu akan meningkatkan kepercayaan terhadap profil Anda dan dapat memudahkan proses sinkornisasi dengan Sinta. Untuk verifikasi profil Google Scholar, klik ikon “Avatar” dan pilih bagian “Verifikasi Profil”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi informasi seperti alamat email, nomor telepon, dan institusi.

4. Buat akun Sinta

Selanjutnya adalah membuat akun Sinta. Jika Anda belum memiliki akun tersebut, maka Anda harus memilikinya. Untuk melakukan ini, Anda harus masuk ke situs Sinta dan klik “Daftar”. Lalu, isi formulir pendaftaran dan ikuti petunjuk yang sudah diberikan untuk membuat akun.

5. Sinkronisasi profil Google Scholar dengan Sinta

Setelah membuat akun Sinta dan profil Google Scholar terverifikasi, maka Anda bisa melakukan sinkronisasi profil dengan Sinta. Untuk caranya, masuk ke laman Sinta dan tekan “Akun Sinta”. Kemudian, pilih “Profil” dan tekan “Tambahkan Profil Google Scholar”. Jika sudah, masukkan alamat email yang digunakan di profil Google Scholar dan tekan “Verifikasi”. Setelah itu, Sinta akan melakukan verifikasi profil Google Scholar Anda dan mengimpor seluruh publikasi yang telah ditambahkan di profil Google Scholar ke profil Sinta Anda.

6. Periksa publikasi yang diimpor

Sinkronisasi sudah berhasil, kemudian lakukan pemeriksaan terhadap publikasi yang diimpor dari profil Google Scholar ke profil Sinta Anda. Jika ada publikasi yang yang tidak berhasil diimpor, maka Anda harus melakukannya secara manual dengan cara klik “Tambahkan Publikasi Baru” di bagian profil Sinta Anda dan masukkan informasi publikasi tersebut.

7. Perbarui profil Sinta secara teratur

Apabila sudah melakukan mengsinkronisasi Google Scholar dengan Sinta, maka pastikan untuk memperbarui profil Sinta Anda secara rutin dengan publikasi baru. Selain itu, Anda juga harus memverifikasi profil Sinta secara reguler agar profil Anda tetap akurat dan bisa diandalkan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

Oke teman-teman, bagian ini kami akan menjelaskan juga cara mencari jurnal yang terdapat di Google Scholar. Bagi yang belum tahu, kami harap cara ini dapat membatu kalian semua.

  • Buka dokumen artikel yang menjadi referensi
  • Kemudian, lihat kata kunci yang digunakan pada bagian bawah abstrak
  • lalu, catat dan copy kata kunci tersebut ke mesin pencari google scholar
  • Setelah itu, lakukan pencarian artikel
  • Carilah yang sama hingga menemukan artikel yang sesuai

Baca Juga: Cara Mencari Jurnal di Sinta

Akhir Kata

Oke teman-teman publikasi, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara sinkronisasi Google Scholar dengan Sinta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya, terimakasih.


FAQ

Apakah di Google Scholar ada jurnal Sinta?

Melalui koneksi dengan Google Scholar dan Scopus serta dilengkapi fitur sitasi dan penilaian, Sinta memungkinkan digunakan untuk melacak hasil publikasi dosen dan peneliti. Selain itu, jurnal Sinta juga membagi kategori seperti Sinta 1 hingga 6 berdasarkan tingkat akreditasi tertinggi hingga terendah.

Berapa lama jurnal masuk ke Google Scholar?

Proses indeksasi di Google Scholar bisa memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada jumlah jurnal yang masuk dan kapasitas Google Scholar untuk menangani jurnal-jurnal tersebut.

Apakah Upload jurnal Sinta berbayar?

Biaya publikasi pada jurnal nasional terindeks Sinta terbilang mahal. berapa sih biaya publikasi jurnal sinta itu? Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.