Cara Upload Jurnal di Sinta 

Cara Upload Jurnal di Sinta 

Halo sobat WR Publishing, sedang mencari tahu informasi seputar cara upload jurnal di sinta? Selamat, kamu berada di artikel yang tepat.

Memahami cara upload jurnal di sinta sangat penting terutama bagi dosen dan mahasiswa, dosen memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk melakukan publikasi jurnal.

Publikasi jurnal ini dikhususkan sebagai pengabdian dosen kepada masyarakat supaya bisa menambahkan dan meningkatkan jumlah publikasi jurnal guna mendorong pertumbuhan pendidikan tinggi di Indonesia.

Baca Juga: Cara Akreditasi Jurnal Sinta

Cara Upload Jurnal di Sinta 

Cara upload jurnal di sinta cukup mudah untuk kamu lakukan, berikut adalah langkah-langkah sederhana menerbitkan jurnal di sinta: 

1. Mendaftar Akun Sinta – Cara Upload Jurnal di Sinta 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk upload jurnal di sinta adalah dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu ke sinta, hal ini sangatlah penting terutama bagi dosen karena nantinya dapat memudahkan proses penerbitan jurnal.

Nah, bagi para dosen yang belum mempunyai akun sinta, di bawah ini adalah panduan membuat akun sinta:

  • Kunjungi website resmi sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/ lalu masuk ke menu registration yang terletak di bagian atas.
  • Apabila kamu sudah memiliki akun sinta maka lanjut login saja dengan masuk ke menu author login pada halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi

Selanjutnya, kamu akan di arahkan untuk mengisi formulir registrasi akun yang memuat data mulai dari nama lengkap, ID Google Scholar, nomor KTP, ID Scopus, dan lain sebagainya.

3. Masukan ID Google Scholar

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, akan ada proses pengisian ID Scopus dan ID Google Scholar, hal ini sifatnya wajib karena nantinya kedua database tersebut akan dibuat saling berhubung.

4. Pengecekan Kelengkapan Data

Jangan terburu-buru untuk menekan tombol registrasi, cek kembali laman formulir yang sudah diisi, pastikan data di formulir tersebut sudah benar dan lengkap.

Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau di formulir tersebut tidak ada data yang kosong kecuali ada keterangan tertentu yang mengizinkan suatu bagian dikosongkan.

Pastikan juga semua datanya benar karena pihak pengelola sinta akan melakukan proses verifikasi data yang dimasukkan.

Oleh karena itu, dosen akan dicek namanya dan statusnya di perguruan tinggi, jabatan fungsional Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan lain sebagainya.

Selama masih dalam proses pendaftaran, data profil yang ada di Scopus dan Google Scholar jangan diubah terlebih dahulu.

Biarkan apa adanya demi kelancaran proses pendaftaran karena nantinya akan disinkronkan, jika ID Scopus dan Google Scholar yang dimasukkan itu berbeda maka akan menimbulkan kendala dalam proses pendaftaran.

5. Proses Verifikasi

Sebagai mana yang sudah dijelaskan diatas, pihak sinta akan melakukan pengecekan data yang dimasukkan untuk mengetahui apakah data itu valid atau tidak sesuai dengan yang diisikan dosen.

Akan dilakukan pengecekan yang meliputi perguruan tinggi, ID Scopus, ID Google Scholar, NIDN, dan lainnya, apabila terbukti sudah valid proses verifikasi sudah selesai dilakukan.

Untuk status akun di sinta juga akan berubah menjadi verified, proses ini tidak singkat maka dari itu kenapa selama proses pendaftaran jangan sampai mengubah data apapun.

6. Update Data Profil dan Dokumen

Ketika akun terverified, kamu akan di arahkan untuk memperbarui profil data yang menandakan pengguna sudah dapat melengkapi data diri di akun sinta yang sudah selesai dibuat.

Lengkapi data diri di akun sinta menggunakan data yang valid karena nantinya dapat menentukan nama author dari jurnal yang di publikasikan ke sinta dan mempermudah pencarian.

7. Tahap Sinkronisasi

Langkah selanjutnya untuk upload jurnal di sinta adalah tahap sinkronisasi antara akun Google Scholar, akun Scopus dengan akun di sinta.

Apabila tahap sinkronisasi sudah selesai maka jurnal yang sebelumnya pernah diterbitkan di Google Scholar maupun di Scopus akan terhubung, jurnal-jurnal itu dapat di tampilkan di halaman sinta serta mempermudahkan para dosen untuk bisa mengetahui perkembangan publikasi sebelumnya.

Kabar gembiranya, dosen yang sudah sampai ke tahap ini dapat masuk ke tahap indeks.

8. Tahap Akreditasi – Cara Upload Jurnal di Sinta 

Setelah melewati proses sinkronisasi akan ada tahap indeks atau akreditasi, dimana tahapan ini menjadi langkah terakhir dalam cara menerbitkan jurnal di sinta.

Intinya kamu dapat mengajukan akreditasi terhadap jurnal tersebut ke Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) di http://arjuna.ristekdikti.go.id/, jika skor akreditasinya berada di kisaran 70 sampai 85 maka kamu akan mendapatkan akreditasi B dan mendapatkan kategori sinta 2.

Apabila skor akreditasinya lebih dari 85 maka kamu akan mendapatkan nilai akreditasi A dan mendapatkan kategori sinta 1.

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di jurnal Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Akhir Kata

Cukup sampai di sini pembahasan tentang cara upload jurnal di sinta, semoga dapat dipahami dan menambah wawasan pembaca.


Apakah publish jurnal di Sinta berbayar?

Saat ini untuk Biaya publikasi jurnal Sinta bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 7.500.000.

Sinta 2 bayar berapa?

Biaya tersebut mencakup berbagai layanan seperti proofreading, editing, review artikel, dan publikasi artikel. Biaya jasa publikasi jurnal SINTA 2 dapat berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta, tergantung pada kebijakan masing-masing jasa publikasi.

Apakah mahasiswa bisa publikasi jurnal di Sinta?

Tentu saja sangat bisa, asal kita memiliki artikel ilmiah yang memenuhi syarat jurnal yang ingin kita tuju.