Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Bagi kamu yang sedang kebingungan dalam Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta, yuk ikuti langkah-langkah yang terdapat pada artikel di bawah ini.

Meskipun publish jurnal ilmiah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para dosen atau lulusan perguruan tinggi, namun hanya sedikit orang yang mengetahui Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta.

Salah satu syarat yang harus dilakukan untuk kelulusan S1 hingga S3 yaitu publikasi di jurnal ilmiah yang telah terakreditasi seperti Sinta dan Scopus.

Perlu kalian ketahui bahwa sangat khusus untuk PhD, terhadap jurnal internasional yang berkualitas seperti Scopus. Sedangan untuk programnya yaitu jurnal ilmiah nasional dengan akreditasi Sinta.

Sesuatu yang paling sederhada tentu saja lulusan S1, yaitu jurnal nasional yang berlisensi dengan terindeks oleh pihak Copernicus saja.

Apa Itu Sinta?

Sinta singkatan dari Science and Technology yang berarti Indeks Sains dan studi yang berbasis situs web serta dibuat untuk mengukur kinerja dari beberapa peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah Indonesia.

Namun, Sinta juga sering disebut sebagai database yang dikelola Kemendikbud Ristek dengan memiliki daftar-daftar jurnal nasional yang terakreditasi.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Oke teman-teman untuk kamu yang belum mengetahui Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta yang baik dan benar, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagai berikut:

  • Kunjungi situs web resmi Sinta https://sinta.kemdikbud.go.id/ lalu kalian tekan menu Source atau Sumber, kemudian klik Jurnal.
  • Langkah kedua tulis nama jurnal yang ingin kalian cari di bagian opsi pencairan selanjutannya.
  • Setelah melakukan pencarian, lalu kamu dapat memilih salah satu dari rumpun ilmu yang terdapat sepuluh kategori seperti rumpun Ekonomi, Pendidikan Agama, Kesehatan, Kemanusiaan, Pertanian, Sains, Sosial, Permesinan, dan Seni.
  • Jika sudah menemukan jurnal yang sesuai keinginanmu, maka kamu dapat memilih kategori Sinta yang kamu butuhkan seperti Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3 atau Sinta 6.
  • Apabila kamu sudah memilih target Sinta, lalu kamu dapat menekan jurnal tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap jurnal itu.

6 Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Diketahui Dosen

Untuk para mahasiswa dan dosen wajib untuk mengetahui kategori tingkatan Sinta, yaitu Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, dan Sinta 6.

Pastinya peringkat Jurnal Sinta ini menunjukkan bahwa jurnal yang telah kamu pilih harus sama dengan kriteria “terakreditasi nasional”.

Nah inilah tingkatan Jurnal Sinta:

  • Sinta 1 (S1): Terakreditasi Peringkat 1, nilai skor akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  • Sinta 2 (S2): Terakreditasi Peringkat 2, nilai skor akreditasi 70 ≤ n < 85
  • Sinta 3 (S3): Terakreditasi Peringkat 3, nilai skor akreditasi 60 ≤ n < 70
  • Sinta 4 (S4): Terakreditasi Peringkat 4, nilai skor akreditasi 50 ≤ n < 60
  • Sinta 5 (S5):Terakreditasi Peringkat 5, nilai skor akreditasi 40 ≤ n < 50
  • Sinta 6 (S6): Terakreditasi Peringkat 6, nilai skor akreditasi 30 ≤ n < 40

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami seputar Pengertian, Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta, dan tingkatan Jurnal Sinta. Kami harapkan artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk teman-teman, terimakasih.


FAQ

Berapa Nilai Sinta 1?

Nilai Sinta 1 skor akreditasi 85 ≤ n ≤ 100

Ada Berapa Tingkatan di Sinta?

Sinta memiliki 6 tingkatan, yaitu Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, dan Sinta 6.

Apa Itu Jurnal Terindeks Sinta?

Jurnal terindeks Sinta merupakan jurnal yang terakreditasi dengan skala nasional.