Ketentuan Jurnal Sinta

Ketentuan Jurnal Sinta

Bagi kamu yang sedang mencari sedikit informasi terkait ketentuan jurnal sinta, silahkan simak artikel ini hingga akhir karena pada pertemuan kali ini kami akan menjelaskan topik tersebut.

Apakah penting mengetahui ketentuan jurnal sinta? Tentu saja penting karena menjadi acuan dalam menilai kualitas sebuah jurnal ilmiah.

Secara tidak langsung penilaian ini memengaruhi reputasi peneliti, lembaga Pendidikan dan institusi penelitian.

Dengan mengetahui ketentuan jurnal sinta, peneliti bisa memaksimalkan penulisan juranal ilmiah untuk publikasi di sinta.

Apa Itu Sinta?

Sebelum menjelasakan tentang ketentuan jurnal sinta, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu sinta:

Sinta merupakan kepanjangan dari Science and Technology Index, sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Portal ilmiah daring ini juga bisa diartikan sebagai pusat data atau database yang menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Baca Juga: Cara Menaikkan Score Sinta

Syarat Jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Ketentuan jurnal sinta tak lepas dari syarat jurnal sinta, syarat inilah yang menentukan akreditasi dan penilaian dalam penjaminan mutu jurnal ilmiah.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh jurnal ilmiah untuk dapat terdaftar di sinta:

  • Jurnal di sinta harus memiliki International Standard Serial Number (ISSN) yang terdaftar dan valid.
  • Jurnal di sinta harus memiliki badan penyunting yang terdiri dari para ahli yang kompeten di bidangnya.
  • Jurnal di sinta harus memiliki proses seleksi artikel yang terbuka dan akuntabel.
  • Jurnal di sinta harus mematuhi etika publikasi ilmiah dan menerapkan sistem peer-review.
  • Jurnal di sinta harus memenuhi standar tata cara penulisan ilmiah yang berlaku.

Ketentuan Jurnal Sinta

Ketentuan Jurnal Sinta

Sama seperti pusat data atau database lain, sinta juga memiliki ketentuan tersendiri bagi jurnal-jurnal yang terdaftar di sinta.

Adapun ketentuan-ketentuan yang harus terpenuhi, antara lain:

  • Jurnal di sinta harus terbit secara berkala dan konsisten.
  • Jurnal di sinta harus memiliki standar penulisan ilmiah yang tinggi.
  • Jurnal di sinta harus memiliki proses seleksi artikel yang transparan dan akuntabel.
  • Jurnal di sinta harus memiliki sistem peer-review yang baik dan transparan.
  • Jurnal di sinta harus menerapkan etika publikasi ilmiah yang baik.
  • Jurnal di sinta harus memiliki akses terbuka yang memadai bagi para peneliti dan akademisi.

CALL FOR PAPER PENDAMPINGAN PUBLIKASI JURNAL NASIONAL SINTA JAMINAN TERBIT 100%

Tahukah Anda? Publikasi jurnal terindeks Sinta bisa memakan waktu antara 4 bulan hingga 1 tahun. Ini karena jurnal Sinta umumnya terbit secara berkala—setiap 3 bulan, 4 bulan, bahkan ada yang hanya setahun sekali.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. WR Publishing hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda menerbitkan naskah di jurnal Sinta dengan cepat dan efisien. Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, dan itulah mengapa kami menawarkan layanan publikasi yang cepat, tepat, dan berkualitas.

Mengapa Harus Memilih WR Publishing?

Fast Publish: Kami memastikan naskah Anda dapat terbit dalam waktu singkat. Bahkan, jika Anda menghubungi kami sekarang, naskah Anda bisa terbit dalam 2 bulan ke depan!

Kualitas Terjamin: Tim kami terdiri dari para ahli yang berpengalaman di bidang publikasi jurnal. Kami menjamin kualitas tertinggi dalam setiap tahap proses publikasi.

Layanan Profesional: Dari konsultasi hingga publikasi, kami mendampingi Anda dengan layanan terbaik. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jangan Tunggu Lebih Lama!

Anda ingin naskah Anda segera terbit di jurnal Sinta? Hubungi kami sekarang! Ingat, slot kami terbatas dan hanya yang tercepat yang akan mendapatkan kesempatan terbit dalam waktu dekat.

Untuk Konsultasi Gratis, langsung klik gambar WhatsApp di bawah ini. Tim kami siap membantu Anda setiap saat!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Leads-Whatsapp-10.png

Tingkatan Jurnal Sinta

Nah, perlu kamu ketahui bahwa jurnal sinta terbagi menjadi enam tingkatan, yaitu sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Pembagian kategori ini didasarkan pada peringkat akreditasi jurnal, ketentuan tentang akreditasi jurnal tertuang dalam Peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 mengenai Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Berikut adalah tingkatan jurnal sinta berdasarkan Peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018:

  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 40 ≤ hingga 50 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5).
  • Jurnal dengan nilai (n) mulai dari 30 ≤ hingga 40 ≤. Jurnal yang masuk ke dalam kelompok ini disebut sebagai jurnal Sinta 6 (S6).

Akhir Kata

Cukup sampai di sini pembahasan tentang ketentuan jurnal sinta, semoga dapat dipahami dan menambah wawasan pembaca.


FAQ

SINTA 1 nilainya berapa?

Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100

Berapa tingkat jurnal Sinta?

Sinta memiliki 6 tingkatan katagori untuk mempertegas seberapa bagus kualitas jurnal yang berhasil terdata, yang terdiri dari S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. 

Apa perbedaan terindeks Scopus dan sinta?

Jika jurnal Sinta merupakan database pustaka nasional, maka Scopus merupakan database untuk jurnal internasional yang telah memiliki reputasi.