Urutan Sinta Jurnal yang Wajib Dosen Ketahui

Urutan Sinta Jurnal

Hallo sahabat publikasi, kali ini kami akan membahas seputar Urutan Sinta Jurnal yang mungkin banyak orang di luaran sana yang belum mengetahuinya. Yuk kalian simak pembahasannya di bawah ini ya!

Melakukan publish jurnal ilmiah merupakan suatu yang harus dilakukan oleh para lulusan perguruan tinggi atau dosen. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui Urutan Sinta Jurnal.

Jadi, salah satu syarat untuk kelulusan S1 hingga S3 ini yaitu harus publikasi di jurnal ilmiah yang bereputasi seperti Sinta dan Scopus.

Apa Itu Jurnal Sinta?

Apa Itu Jurnal Sinta?

Sinta merupakan singkatan dari Science and Technology Index yang dapat diartikan sebegai sistem untuk menilai kualitas jurnal ilmiah di Indonesia. Sinta memberikan nilai skor dan peringkat untuk jurnal-jurnal yang sudah masuk ke dalam database Sinta. Nah, skor ini memiliki banyak faktor seperti keberlanjutan penerbitan, dampak pada masyarakat, dan kualitas artikel.

Sangat disarankan untuk PhD terhadap jurnal internasional yang memiliki kualitas tinggi seperti kategori Scopus. Disisi lain, untuk programnya yaitu jurnal ilmiah nasional dengan akreditasi Sinta.

Perlu kalian ketahui bahwa hal yang paling sederhana tentu saja lulusan S1, yaitu jurnal nasional yang berlisensi dengan terindeks oleh pihan Copernicus saja.

Cara Mengetahui Urutan Jurnal Sinta di Indonesia

Cara Mengetahui Urutan Jurnal Sinta

Mengetahui Urutan Sinta Jurnal merupakan hal yang sangat penting bagi para peneliti dan akademisi. Pasalnya, hal ini dapat membantu mereka untuk memiliki jurnal yang terpercaya dan tentunya memiliki kualitas tinggi untuk menerbitkan artikel ilmiah mereka.

Di sisi lain, penerbit jurnal juga akan mendapatkan keuntungan yaitu meraih peringkat yang baik di Sinta, karena bisa meningkatkan citasi dan dampak pada banyak orang.

Berikut ini adalah cara mengetahui Urutan Sinta Jurnal di Indonesia:

1. Masuk ke Situs Web Sinta

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengunjungi situs web resmi Sinta (https://sinta.kemdikbud.go.id/). Bagian ini kalian bisa melihat langsung daftar-daftar jurnal yang sudah masuk ke dalam database Sinta.

2. Cari Jurnal yang Ingin Diketahui Peringkatnya

Jika sudah masuk ke laman situs web Sinta, maka cari jurnal yang ingin kalian ketahui peringkatnya. Kalian dapat mencarinya melalui kategori nama jurnal atau bidang ilmu tertentu.

3. Cek Skor dan Peringkat Jurnal

Setelah berhasil menemukan jurnal yang kalian cari, maka cek nilai skor peringkatnya. Untuk skor Sinta dimulai dari angka 0 – 1000. Peringkat paling atas dari Sinta diberikan kepada jurnal yang memiliki skor tertinggi.

4. Perhatikan Kategori dan Bidang Ilmu

Perlu kalian amati juga dalam kategori dan bidang ilmu dari jurnal yang ingin diketahui peringkatnya. Jurnal yang menduduki peringkat tinggi, maka jurnal ini dapat dijadikan pilihan terbaik untuk publikasi artikel ilmiah kalian.

Baca Juga: Tingkatan Jurnal Sinta

Tingkatan Jurnal Sinta yang Wajib Dosen Ketahui

Mengetahui kategori tingkatan jurnal Sinta merupakan hal yang wajib diketahui oleh para mahasiswa khususnya dosen.

Nah inilah tingkatan Jurnal Sinta yang wajib dosen ketahui:

  • Sinta 1 (S1): Terakreditasi Peringkat 1, nilai skor akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  • Sinta 2 (S2): Terakreditasi Peringkat 2, nilai skor akreditasi 70 ≤ n < 85
  • Sinta 3 (S3): Terakreditasi Peringkat 3, nilai skor akreditasi 60 ≤ n < 70
  • Sinta 4 (S4): Terakreditasi Peringkat 4, nilai skor akreditasi 50 ≤ n < 60
  • Sinta 5 (S5):Terakreditasi Peringkat 5, nilai skor akreditasi 40 ≤ n < 50
  • Sinta 6 (S6): Terakreditasi Peringkat 6, nilai skor akreditasi 30 ≤ n < 40

Segera Konsultasikan Kebutuhan Publikasi Jurnal Sinta Langsung Dengan Tim Jurnal Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami seputar informasi Urutan Sinta Jurnal. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.


FAQ

Tingkatan Tertinggi Sinta Berapa?

Akreditasi Sinta 1 (S1) merupakan tingkatan tertinggi dalam katagori akreditasi jurnal Sinta.

Sinta 2 Harganya Berapa?

Berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta.

Sinta jurnal untuk Apa?

Untuk menilai kinerja jurnal serta memperhatikan standar akreditasi dan sitasi.